Visi & Misi UISU

Visi (Wijhah) UISU menjadi perguruan tinggi yang Islami, handal, teruji dan bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat dan diridhai Allah Swt.

Makna Visi : Dalam visi UISU terdapat kata-kata Islami, Andal, Teruji, bermartabat mulia, dicintai masyarakat, dan diridhai Allah SWT.

Masing-masing kata ini bermakna:

Islami warga UISU memiliki keilmuan, ketaqwaan, danIntegritas dan akhlak yang baik.UISU menghendaki seluruh warganya mencapai puncak keislaman yang harus terwujud pada kepemilikan/penerapan ilmu yang tinggi, yang bukan hanya melaksanakan ibadah, namun juga memiliki kepekaan sosial dan akhlak yang mulia
Andal warga UISU merupakan personal  yang terpercaya dan professional.UISU menghendaki seluruh  warganya menjadi personal yang cerdas, disiplin, mandiri, kreatif, inovativ, mampu bekerja dalam tim, jujur dan adil serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Teruji

warga UISU merupakan personal yang tangguh,memiliki konsistensi (istiqomah), dan kompetensi yangbaik pada setiap bidang keahliannya.

UISU menghendaki seluruh warganya menjadi personal yang tangguh, peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya, dan mampu menemukan solusi bagi setiap permasalahan baik pribadi, institusi, maupunmasyarakat, konsisten antara perkataan dengan perbuatan, serta memiliki kompetensi yang memberikan kontribusi bagi pengembangan institusi dan masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya.

Bermartabat Mulia  warga UISU merupakan personal yang   menjunjung tinggi etika dan moral.

UISU menghendaki seluruh warganya menjadi  personal yang menjaga kehormatan dan harga dirinya, dengan berperilaku yang baik di mata Allah dan masyarakat, dengan senantiasa belajar sepanjang hidup demi meningkatkan kualitasnya

Dicintai  Masyarakat

civitas akademika UISU memiliki produk ilmu pengetahuandan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

UISU mengarahkan dan mengembangkan potensi serta kemampuan civitas akademikanya untuk kreatif dan aktif menemukan dan mengembangkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Diridhai Allah SWT warga UISU melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar.

UISU menghendaki warganya untuk saling istiqomah menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, yaitu dengan tangan, dengan lisan dan dengan doa atas kemungkaran yang ada.

 

Misi (Khiththah) UISU adalah :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah Islamiyah secara profesional.
  2. Membentuk sarjana Islami yang nasionalis, berkualitas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal shaleh, turut berperan dalam pembangunan umat Islam, agama, bangsa, dan Negara Republik Indonesia demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia.

Berdasarkan misi di atas terlihat bahwa UISU melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran melalui serangkaian aktivitas catur dharma UISU yang terintegrasi dan bersinergi satu dengan yang lainnya. Sebagai institusi pendidikan tinggi, UISU melaksanakan catur dharma, meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah Islamiyah. UISU berusaha konsisten dan berkeyakinan bahwa misi UISU merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara dharma satu dengan yang lainnya.

Makna Misi UISU:

  1. Makna yang terkandung dalam rumusan misi pertama adalah bahwa UISU tetap konsisten menyelenggarakan dharma pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah Islamiyah, dan sebagai perguruan tinggi yang bernuansa Islami, UISU membentuk insan yang mampu  mengintegrasikan dan mensinergikan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kaidah-kaidah Islam yang terkandung dalam dharma dakwah Islamiyah. Dalam proses pembelajarannya berusaha dan berkomitmen menghasilkan sarjana muslim yang nasionalis, berkualitas, beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berilmu dan beramal shaleh. Sarjana yang dihasilkan oleh UISU harus profesional, berkompetensi dan mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi serta sesuai dengan harapan stakeholder.
  2. Makna rumusan misi yang kedua adalah bahwa UISU selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh nilai-nilai Islam melalui proses pembelajaran dan penelitian kepada peserta didik dengan membangun lingkungan  dan fasilitas sarana dan prasarana yang baik dan lingkungan yang sehat; pembelajaran berbasis riset, penulisan artikel ilmiah bagi staf pengajar dalam jurnal berskala nasional (terakreditasi/tidak terakreditasi), dan internasional.

Dengan demikian, UISU harus berusaha membentuk sarjana yang memiliki sikap cinta kepada Allah, masyarakat, dan lingkungan, serta bertanggungjawab dan berperan aktif dalam kegiatan pembangunan agama, masyarakat, bangsa dan Negara Republik Indonesia melalui kegiatan catur dharma UISU.