Medan. –www.uisu.ac.id
Dalam melaksanakan kegiatan English Short Course and Indonesian Culture mahasiswa asal Miyazaki Municipal University, Jepang tiga mahasiswa Fakultas Sastra UISU diberikan kesempatan untuk mendampingi mahasiswa selama kegiatan berlangsung.
Mereka adalah Nurtia Pratiwi Siahaan, Sofia Idham Nasution, dan Harist Al Rasyid Simanungkalit. Ketiganya merupakan mahasiswa semester VI dari program Sarjana Sastra. Mereka terpilih untuk mendampingi mahasiswa asal Jepang yang sedang melaksanakan Short Course di Fakultas Sastra UISU selama 3 minggu yakni sejak tanggal 18 Februari s.d. 8 Maret 2019.
Purwarno, S.S., M.A. selaku ketua dalam kegiatan ini didampingi Sekretaris Susi Ekalestari, S.S., M.Hum mengatakan terpilihnya mereka untuk mendampingi mahasiswa asal jepang tersebut karena mereka merupakan mahasiswa yang berprestasi, aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan juga memilki komitmen yang sangat baik untuk menjadi pendamping mereka.
“Sangat banyak cerita dan pengalaman yang didapat selama menjadi pendamping enam mahasiswa asal Jepang, walaupun berbeda budaya dan karakter, namun kami dapat dengan cepat melakukan pembauran”, ungkap Nurtia, salah satu mahasiswa yang menjadi pendamping. “Kami senantiasa melakukan hal-hal yang terbaik dalam memberikan pelayanan informasi kepada mereka demi menjaga nama baik almamater kami UISU,”beber Nurtia.
Tepat pada tanggal 8 Maret 2019 lalu, bertempat di ruang Fakultas Sastra UISU, diadakan acara pelepasan bagi keenam mahasiswa asal Jepang tersebut, salah seorang mahasiswa asal jepang yaitu Tsubasa S menyatakan keinginannya untuk kembali ke Indonesia (Medan) dikarenakan keramahtamahan masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa-mahasiswa UISU.
Ternyata kesan yang mereka dapatkan selama mempelajari bahasa Inggris dan budaya Indonesia, mulai 18 Februari hingga 8 Maret 2019 begitu mendalam. Semua mahasiswa asal jepang tersebut merasa terharu dan bahkan meneteskan air mata sedih ketika mereka berada di Bandara Kualanamu untuk kembali ke negeranya.
kontributor : Juni Anto
redaktur : Topan Bilardo