Medan.

www.uisu.ac.id-Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UISU yang di ketuai oleh Ir. Siti Rahmah Sibuea, M.Si beserta tim monev melakukan kunjungan ke kampus terpadu Fakultas Pertanian UISU Jl. Karya Wisata Gedung Johor Medan untuk melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi sesuai dengan jadwalnya pada hari ini Kamis, 14 Maret 2019.

Kedatangan tim monev UISU di terima Dekan, Pembantu Dekan beserta Ketua dan Sekretaris Prodi AGT, THP dan AGB Fakultas Pertanian UISU. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian UISU Ir. Aldywaridha, MP berterima kasih kepada tim monev yang telah datang ke Fakultas Pertanian UISU dan menyambut baik kegiatan ini serta berharap tim monev dapat membantu fakultas terutama prodi dalam mempersiapkan segala sesuatu hal yang diperlukan terkait dengan kegiatan monev ini”.

Selanjutnya Ketua LPM UISU Ir. Siti Rahmah Sibuea, M.Si, dalam sambutannyamenyampaikan bahwa kegiatan monev ini sangat bermanfaat, baik itu di tingkat fakultas, program studi, LPMF dan GKMF. Tim ini akan memonitor serta mengevaluasi apa yang sudah dan sedang dilakukan.

Setelah sambutan singkat tersebut tim monev dibagi 3 sesuai prodi yang ada di Fakultas Pertanian, yaitu : prodi Agroteknologi (AGT), prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP), dan prodi Agribisnis (AGB). Tim menggali informasi mengenai kegiatan yang sudah dan sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan program kerja yang telah ditetapkan.

Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya (sesuai pedoman dan perencanaan program studi). Juga memberikan informasi kepada pengelola program studi apabila terjadi hambatan dan kesulitan, serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi.Bila ditemukan hambatan dan kesulitan maka segera dibenahi sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan targetnya.Hasil monitoring akan menjadi input bagi kepentingan proses selanjutnya.

Sementara evaluasi dilakukan pada akhir kegiatan, untuk mengetahui hasil atau capaian akhir dari kegiatan atau program. hasil evaluasi bermanfaat bagi rencana pelaksanaan program yang sama diwaktu dan tempat lainnya.

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui apakah program itu mencapai sasaran yang diharapkan atau tidak. Evaluasi lebih menekankan pada aspek hasil yang dicapai (output). Evaluasi baru bisa dilakukan jika program itu telah berjalan setidaknya dalam suatu periode (tahapan), sesuai dengan tahapan rancangan dan jenis program yang dibuat dalam perencanaan dan dilaksanakan.

kontributor : Estuadi

redaktur : Azis