KKN FAI UISU di Sergei Berakhir

Medan.
www.uisu.ac.id-Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Agama Islam  (FAI) Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) berakhir pada hari Jum’at. 22 Maret 2019. KKN tersebut berlangsung selama 45 hari di 6 Desa Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. KKN ini diikuti oleh 46 mahasiswa FAI-UISU dari Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Ahwalul Syakhsiyah.
Acara penutupan KKN digelar di Aula Camat Serba Jadi sekitar pukul 10.00 WIB. Camat Serba Jadi yang diwakili Sekretaris Camat, Hj. Muriani dalam sambutannya mengucapkan ribuan terima kasih atas kehadiran dan sumbangsih mahasiswa FAI-UISU selaku peserta KKN di kecamatan tersebut, dan akan menerima dengan tangan terbuka apabila mereka ingin kembali lagi untuk mengabdi, terutama di bidang pembangunan sosial dan agama. “Masyarakat di desa-desa yang berada di wilayah kecamatan Serba Jadi pada khususnya, sangat membutuhkan tenaga-tenaga terampil dan energik seperti adik-adik mahasiswa peserta KKN”, ujar Muriani (22/3/19).
Sementara itu Dekan FAI-UISU, Dra. Hj. Tuti Alawiyah, MA dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada Camat, Kepala desa di 6 Desa Kecamatan Serba Jadi dan seluruh masyarakat yang senantiasa memberikan support dan dukungannya dalam kegiatan KKN. Sehingga mahasiswa dapat beraktivitas sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya di tengah-tengah masyarkat. Tanpa dukungan dan kerjasama yang baik tentunya mustahil kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.
Menurut informasi dari beberapa kepala desa dan masyarakat yang sempat bertemu, Dekan FAI-UISU mendapat kesimpulan bahwa mahasiswa dalam kegiatan KKN tersebut sangat concern dengan aktivitas Dakwah Islamiyah, dan justru hal itu merupakan Catur Darma perguruan tinggi (UISU). Selanjutnya, Dekan FAI-UISU menegaskan bahwa KKN merupakan peluang bagi para mahasiswa dalam membangun “Jiwa Kepemimpinan” dimana mereka langsung melakukan managerial di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai kegiatan keilmuan, dakwah dan kemasyrakatan. Maka sungguh beruntung bagi mahasiswa yang memanfaatkan Kegiatan KKN tersebut dengan baik sebagai bekal di masa depan.
Acara perpulangan KKN mahasiswa FAI tersebut dihadiri oleh Dekan FAI UISU, Dra. Hj.Tuti Alawiyah, MA, Wakil Dekan III FAI UISU, Drs.Ramlan Padang,MA, Sekretaris Prodi AHA, Sumiati, SH, MH, Sekretaris Camat Serba Jadi, Hj, Muriani, Kasi Kessos Kecamatan Serba Jadi, Hj. Syafriani., SE Kepala Desa Manggis, Syofyan Siregar, Kepala Desa Serba Jadi, Eriadi Nalaidi dan Kepala Desa Kuala Bali, Ibrahim Damanik. Kegiatan penutupan KKN itu juga ditandai dengan penyerahan cenderamata FAI UISU dari Dekan FAI, Dra. Hj. Tuti Alawiyah kepada Sekretaris Kecamatan dan Kepala Desa di 6 Desa Kecamatan Serba Jadi.
kontributor : Ahmad Fahlevi
redaktur : Rizal