Medan.
www.uisu.ac.id-Dalam rangka menyelesaikan studi di Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Muhammad Amin,  salah satu mahasiswa program studi agroteknologi (AGT) saat ini sedang melaksanakan penelitian tentang tanaman kedelai. “Penelitian ini memakan waktu selama kurang lebih 3 bulan. awal penelitiannya sendiri dimulai pada tanggal 22 Pebruari 2019 dan jika tidak ada hambatan mudah-mudahan selesai pada bulan Mei 2019,”ujarnya kepada kontributor www,uisu.ac.id.

Dijelaskannya, penelitian yang dilakukannya berjudul “RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (Glycine max L) TERHADAP PEMBERIAN KOMPOS JERAMI PADI DAN VERMIKOMPOS PADA TANAH SUB SOIL ULTISOL”. Usulan Penelitian itu sebelumnya telah disetujui komisi pembimbing dengan ketuanya adalah Ir. Chairani Siregar, MP dan anggota adalah Ir. Rahmawati, MP.

Bahan yang ia gunakan untuk objek penelitian berjumlah 72 sampel tanaman yaitu benih kedelai varietas Anjasmoro, air, bakteri (EM-4), gula, bekatul, kompos jerami padi, vermi kompos dan tanah sub soil ultisol yang diambil dari desa securai utara (Bukit Sentang) kecamatan babalan kabupaten Langkat. sedangkan peralatan yang dipergunakan yaitu cangkul, gunting, ember, polybag, gelas ukur, meteran, alat ukur, tali plastik, kantongan, timbangan elektrik, jangkar sorong, kalkulator, kamera digital dan alat tulis yang diperlukan.  saat ini penelitian yang sedang berjalan telah dilakukan parameter.
Sedangkan lokasi penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan kampus terpadu Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara jalan karya wisata gedung johor medan. “Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pupuk kompos jerami padi pada pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai,”kata Amin. Ia juga menjelaskan penelitian ini penting untuk mengetahui respon pemberian pupuk Vermikompos terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai (Glycine max L).
Selain sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana S1 di Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan juga menjadi informasi dan rujukan bagi pihak atau pengembangan budidaya tanaman kedelai (Glycine max L) secara organik dan pengetahuan tentang sub soil tanah ultisol di Bukit Sentang.
Amin juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas Rahmat dan Karunia yang telah diberikan-Nya sehingga terlaksananya penelitian ini. “Terima kasih saya ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu, terutama ditujukan kepada kedua orang tua yang telah memberi dukungan moril dan materil serta mendo’aka setiap saat dalam melaksanakan penelitian ini, kemudian komisi pembimbing yang telah membimbing dengan penuh kesabaran serta memberikan masukan, kritikan dan saran agar penelitian ini berjalan dengan baik, para Dekanat, ketua program studi AGT dan seluruh rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak membantu dan mensuport selama melaksanakan penelitian ini,”tutup amin
Kontributor : Estuadi
Redaktur : Topan Bilardo