Medan.

www.uisu.ac.id-Dosen FAI UISU melaksanakan supervisi ke-2 terhadap kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di 6 Desa  Kabupaten Serdang Bedagai . Kegiatan itu melibatkan 46 mahasiswa FAI dengan Progam Studi Pendidikan Agama dan Ahwalul Syakhsiyah bertujuan untuk melihat perkembangan kegiatan KKN Mahasiswa di tengah-tengah masyarakat dan sekaligus melakukan evaluasi terhadap progam kerja mereka.

KKN Mahasiswa FAI-UISU pada prinsipnya merupakan salah satu bentuk program pengabdian masyarakat dan bagian dari kurikuler program studi. Oleh karena itu mahasiswa wajib mengikutinya sebelum menyelesaikan jenjang perkuliahan. “KKN adalah sarana bagi mahasiswa dalam upaya menerapkan disiplin keilmuan yang selama ini mereka pelajari di kampus”, demikian tegas Drs. Ramlan Padang, MA selaku PD FAI yang ikut hadir dalam kegiatan supervisi tersebut.

Selain itu, tambahnya, melalui KKN ini mahasiswa dituntut untuk berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat desa sesuai dengan kemampuan dan disiplin keilmuan mereka”. Sebelumnya pada tanggal 26 Ferbuari hingga 3 Maret 2019, supervisi pertama telah dilakukan oleh Dosen FAI UISU. Maka berdasarkan supervisi pertama dan kedua diperoleh kesimpulan bahwa para mahasiswa FAI-UISU melalui program KKN tersebut banyak memberikan kontribusi pada kehidupan masyarakat terutama dalam kegiatan Dakwah Islamiyah baik melalui jalur formal maupun non formal.

Melalui jalur formal mahasiswa dilibatkan dalam melakukan program pendidikan dan pengajaran di sekolah-sekolah seperti di Madrasah Tsanawiyah/SMP dan Aliyah/SMU. Sedangkan pada jalur non formal, antara lain adalah kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler seperti kursus-kursus mengaji dan praktik ibadah. Menurut salah seorang peserta KKN, Program KKN FAI-UISU mendapat apresiasi dari masyarakat yang cukup baik, karena itu
kegiatan mengaji baik bagi anak-anak maupun kelompok pengajian wirid orang dewasa menjadi lebih hidup dan berwarn”. “Kami merasa senang dalam kegiatan KKN ini,” tambahnya.

Tim Dosen Kedua yang Melaksanakan Supervisi KKN di enam Desa Kabupaten Serdang Bedagai yakni, Drs.Syarifuddin Elhayat, MA (Desa Karang Tengah), Abu Bakar, MA (Desa Kuala Bali), Sumiati, SH, MH (Desa Pulau Tagor), Parlaungan Lubis, MA (Desa Serba Jadi), Drs. Ramlan Padang, MA (Desa Manggis), dan Drs. H.Efendy Arief, MA (Desa Pulau Gambar)

kontributor : ahmad Fahlevi

redaktur : Aziz