Medan, www.uisu.ac.id-Pj. Rektor, Dr Lisna Andriani, MPd diwakili Pembantu Rektor III Universitas Islam Sumatera Utara, Prof. Dr Efendi Barus, PhD membuka secara resmi Seminar nasional Pembangunan Pertanian dan Perkebunan Indonesia, serta Muswil dan Rakernas ke 5 Formatani, Selasa (23/4) di kampus Jalan SM Raja Medan.

Muswil dan Rakernas ke 5 dihadiri para utusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi termasuk mahasiswa di luar Sumatera Utara. Seminar yang dipandu Rahmat Setia Budi menghadirkan pembicara Ir Ali Jamil Harapan, MPd, Ph.D, Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian, dan sejumlah pembicara lainnya.

Plt Rektor berpesan agar seminar tersebut tidak hanya sebatas pembicaraan tetapi dapat diimplementasikan dalam bentuk nyata, sehingga hasilnya dapat dirasakan bagi setiap orang. Karena itu setelah seminar ini harus ada tindaklanjut. “Bagi para mahasiswa, seminar ini tentu saja sangat berguna dalam menambah wawasan pengetahuan terutama di bidang pertanian,”ucapnya lagi di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir.

Plt Rektor berpesan agar seminar dapat mencari bentuk-bentuk baru dalam meningkatkan kesejahteraan bagi para petani. Selama ini pertanian banyak yang salah arah, seperti banyak petani yang menanam sawit. Sehingga mengabaikan tanaman lainnya yang dinilai juga cukup penting.

Ali Jamil Harahap, alumni Pertanian UISU, selaku pembicara memaparkan Peran Badan Karantina Pertanian dalam Meningkatkan Produksi dan Kualitas Ekpor Mendukung Industri 4.0. Dijelaskannya bahwa keberadaan Karantina cukup penting bagi keamanan hasil-hasil pertanian yang masuk dari luar. Menurut dia, siapa saja tidak boleh bebas membawa hasil pertanian dari luar negeri ke dalam negeri, begitu juga sebaliknya yang harus mengikuti prosedur yang berlaku.

kontributor : rasyid

redaktur ; zakaria