Foto Bersama Mahasiswa Himahagri UISU Dalam Rangka Gelar Bakti Desa di Pantai Labu

Medan, www.uisu.ac.id-Sejalan dengan semakin intensifnya pembangunan pertanian dan perkembangan teknologi, terdapat kecendrungan dalam aktifitasnya yaitu pemanfaatan sumberdaya alam yang berlebihan tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan, sehingga dapat berdampak negatif yang lebih besar dari pada manfaat yang diperoleh.
Selain itu pembangunan pertanian seharusnya tidak hanya terfokus pada bagaimana mendapatkan hasil pertanian yang maksimum, tetapi bagaimana mendapatkan hasil yang optimum dengan tidak merusak kelestarian alam dan menggunakan sumberdaya yang tersedia secara efektif dan efisien sehingga terwujudnya sektor pertanian yang berkelanjutan.
Untuk terwujudnya pertanian yang berkelanjutan tersebut, sudah saatnya masyarakat khususnya generasi muda untuk bangkit berprestasi dalam membangun sektor pertanian menjadi lebih baik dan berkelanjutan, maka dari itu Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAHAGRI) Fakultas Pertanian UISU Medan Johor melaksanakan kegiatan Bakti Desa, akhir april (26/4) lalu.
Ketua Umum Himahagri, Bagus Raka Aditya menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Bakti Desa ini adalah untuk meningkatkan peran aktif dan kualitas pembangunan pertanian bagi Himpunan Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian. “Membina silaturahmi antar perguruan tinggi dengan masyarakat dapat menumbuhkan kepedulian antar sesama dan memotivasi pembentukan sikap mahasiswa terhadap loyalitas dan produktifitas dalam pembangunan pertanian serta dapat melahirkan generasi mahasiswa agribisnis yang kreatif dan bermutu”, jelas Bagus.
Panitia pelaksana yang diwakili oleh M. Ramsyah Dani S Pane mengatakan kegiatan ini mengambil tema yaitu “Implementasi Mahasiswa Agribisnis Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Ekonomi Masyarakat dalam Mengoptimalkan Sustainable Development Goals (SDG’S)”. Lebih lanjut Ramsyah mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 28 April 2019 lalu dengan mengambil lokasi di Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Bakti Desa ini sendiri terdiri berbagai macam kegiatan, diantaranya melaksanakan Diskusi Publik, Bakti Tani yang bertujuan dapat menambah ilmu pengetahuan mahasiswa dan menciptakan rasa saling peduli untuk pertanian yang berkelanjutan. Disamping itu juga dilaksanakan penanaman pohon mangrove sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan yang diikuti oleh seluruh panitia, mahasiswa dan masyarakat desa rugemuk.
Dalam keterangannya pimpinan Fakultas Pertanian UISU yang diwakili oleh Pembantu Dekan III Ir. S. Edy Sumantri, MP mengharapkan semoga kegiatan Bakti Desa ini dapat berjalan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan bersama.
“Kegiatan ini juga sangat berarti bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmunya dan belajar tentang keadaan yang ada di desa Rugemuk, diharapkan mahasiswa dapat belajar dan menimba ilmu langsung ke masyarakat tentang bagaimana mempraktekkan cara-cara budidaya mangrove dan membuat beberapa olahan dari tanaman mangrove seperti sirup, keripik dan lainnya”, harap Edy.
Kontributor : Estuadi
Redaktur : Topan Bilardo