Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP membuka seminar Internasional Bahasa dan Sastra yang digelar Fakultas Sastra UISU di Hotel Madani Medan Rabu (3/7). Turut mendampingi Ketua Panitia Pelaksana Dr. M. Manugeren, MA, dan Dekan Fakultas Sastra UISU, Prof. Jumino Suhadi, MA,. Ph.D

Medan,www.uisu.ac.id-Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP secara resmi membuka seminar Internasional Bahasa dan Sastra yang digelar Fakultas Sastra UISU di Hotel Madani Medan Rabu (3/7). Hadir dalam kegiatan pembukaan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Dr. Liesna Andriany, M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Andang Suhendi, SS, MA seluruh dosen dan mahasiswa Fakultas Sastra UISU.

Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya dalam Bahasa Inggris mengucapkan selamat atas pelaksanaan seminar internasional dengan tema Research Paradigms on Language, Literatures, and Language Teaching in the Industrial Revolution 4.0. Forum ini, kata Rektor UISU merupakan moment untuk pertemuan ilmiah dalam rangka sharing hasil-hasil penelitian dan karya tulis ilmiah di bidang Sastra dan Bahasa.

Pada kesempatan yang sama, Rektor juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap Dekan Fakultas Sastra, Panitia pelaksana dan seluruh pihak yang telah sukses menyelenggarakan Seminat Internasional ke 2 Fakultas Sastra UISU. Pihaknya berharap, pertemuan internasional yang melibatkan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Salah satunya dengan melakukan kerjasama antara perguruan tinggi yang hadir dalam seminar internasional. Pelaksanaan kerjasama itu dapat menyangkut kerjasama pertukaran mahasiswa dan dosen, dosen tamu serta penelitian bersama maupu publikasi bersama antara beberapa perguruan tinggi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Dr. M. Manugeren, MA dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelaksanaan seminar internasional ini dilaksanakan semala 2 hari (3-4 Juli 2019) di Hotel Madani Medan. Keynote Speaker yang akan menyampaikan papernya adalah Prof. Buhanuddin Arafah dari Universitas Makasar berjudul The Idol: A Model for incorporating literature in ELT. Prof. Tony Cousins dari Universitas Macquarie Australia berjudul Practice of  Hitoricism in time of change: Chauser, pope, Barron Filed, A.D.Hope and the idea of the culture hero.

Selain itu sebagai pembicara, termasuk Dr. M . Manugeren, MA dengan judul literature in the principles of industrial revolution 4.0. Hadir juga sebagai pembicara utama, Dr. Suzana Binti Muhammad dari USM Penang Malaysia, Nguen Thi Thuy Loan, Ph.D dari Kalasin University Thailand serta Dr. Ida Baizura Binti Bahar dari University Putra Malaysia.

Selain pembicara utama, seminar Internasional ke 2 yang digelar kali ini juga mengakomodir tulisan dosen dan staf pengajar dari berbagai kampus dalam dan luar negeri untuk disajikan dalam pertemuan yang dilaksanakan secara parallel sebagai ajang pertemuan ilmiah untuk membahas tema terkait perkembangan Bahasa dan Sastra.

Turut memberikan kata sambutan Dekan Fakultas Sastra UISU, Prof. Jumino Suhadi, MA,. Ph.D sekaligus mengucapkan selamat datang kepada seluruh pembicara dan peserta seminar internasional. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3kali oleh Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP dan dilanjutkan dengan tarian persembahan multi etnik dari mahasiswa Fakultas Sastra UISU.

kontributor : zakaria

redaktur : zakaria