45 Calon Mahasiswa Kedokteran UISU Ikuti Ujian CBT

12 April 2020 Oleh: Zakaria Siregar 487 Views

 

Calon mahasiswa Fakultas Kedokteran sedang mengikuti test kesehatan di Poliklinik Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan Minggu (12/4)

 

MEDAN-Animo calon mahasiswa untuk mengikuti ujian masuk Fakultas Kedokteran UISU hingga kini masih tinggi. Minggu (12/4), 45 orang calon mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU dari berbagai berbagai kota mengikuti ujian masuk Fakultas Kedokteran UISU. 6 orang mengikuti ujian secara offline di Kampus UISU Jalan SM Raja Medan dan selebihnya mengikuti ujian secara online/daring melalui aplikasi zoom.

Dekan Fakultas Kedokteran, dr Indra Janis dan Sekretaris panitia, Ir. Abdurrozzaq Hasibuan, MT sedang memantau pelaksanaan ujian offline dan online melalui aplikasi zoom di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan Minggu (12/4)

 

Sekretaris Panitia Penerimaan mahasiswa baru UISU TA 2020/2021, Ir. Abdurrozzaq Hasibuan, MT, mengatakan bahwa pelaksanaan ujian dalam bentuk Computer Base Test (CBT) ini tetap mengikuti arahan dan anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan dan penyebaran covid.19. “Mulai dari kebersihan ruangan pelaksanaan ujian, penggunaan masker hingga persoalan jarak antara masing-masing peserta ujian dan keharusan mencuci tangan sebelum masuk ruangan,”jelasnya.

Sebab, kata Abdurrozzaq, panitia sejak awal sudah menyampaikan kepada calon peserta untuk mengikuti ujian secara daring melalui aplikasi zoom atau secara offline di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan. “6 orang mengikuti ujian secara offline dan selebihnya mengikuti ujian secara daring melalui aplikasi zoom,”ujarnya.

Terkait materi ujian, Abdurrozzaq mengatakan bahwa materi ujian CBT masih terkait kemampuan umum dan kemampuan dasar yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan matematika. Namun, katanya, khusus untuk calon mahasiswa kedokteran,  UISU telah menerapkan proses seleksi yang ketat. “Tidak hanya ujian CBT, tapi juga kita akan melakukan test kesehatan dan test psikologi,”katanya.

Ditanya tentang asal calon mahasiswa yang mengikuti ujian, Abdurrozzaq mengatakan bahwa sebagian besar peserta ujian berasal dari dari luar kota Medan bahwa dari luar provinsi Sumatera Utara. ‘Diantaranya dari Indragiri Hulu, Sumatera Selatan, Aceh Singkil, Lhoksuemawe, Rokan Hulu, Pasaman Padang dan Simalungun,”ucapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil-wakil Rektor UISU, Zufrizal, SE, Ak, CA, MBA MAFIS, Ahmad Bakhori, ST. MT, Andang Suhendi, SS. MA. Selain itu juga tampak Dekan Fakultas Kedokteran UISU, dr. Indra Janis, MKT beserta pimpinan Fakulas Kedokteran lainnya memantau langsung pelaksanaan ujian CBT yang berlangsung secara offline dan daring.

Pada kesempatan terpisah, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin  MAP mengatakan bahwa seleksi yang dilakukan UISU terhadap calon mahasiswa Fakultas Kedokteran ini dalam rangka meningkatkan kualitas input mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UISU. “Kita berharap mahasiswa baru yang masuk tahun ajaran 2020/2021 merupakan hasil dari proses seleksi untuk menghasilkan mahasiswa-mahasiswa terbaik,”ujarnya.

 

Salah seorang calon mahasiswa Fakultas Kedokteran sedang mengikuti Ujian CBT di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan Minggu (12/4)

 

Rektor UISU juga menambahkan bahwa ujian yang kali ini digelar merupakan ujian CBT gelombang pertama untuk Fakultas Kedokteran. Rencananya UISU akan membuka proses pendaftaran kembali untuk pelaksanaan ujian gelombang kedua pada Mei mendatang. “Silahkan mendaftar secara online melalui http://pmb.uisu.ac.id dan whatsapp nomor 081263621919,”ucapnya. Selain itu, kata Rektor, tidak hanya fakulas Kedokteran saja karena UISU pada saat yang sama membuka pendaftaran sejak Maret lalu untuk 35 program studi yang ada di 9 Fakultas di UISU. (***)