BAN-PT Asesmen Lapangan Prodi Teknik Elektro UISU

20 Oct 2020 Abdul Rasyid 89 Views


Reporter:

Sudaryanto

Rektor DR. H. Yanhar Jamaluddin, MAP (3 kiri) membuka  asesmen lapangan Prodi Teknik Elektro FT.UISU oleh BAN PT secara daring  16 Oktober 2020 di ruang serbaguna FT (foto:Sudaryanto)

 

UISU, FT. Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melakukan asesmen lapangan secara daring ke Program Studi Teknik  Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara pada 16 – 17 Oktober 2020. Asessor BAN PT terdiri atas Prof. Dr. Fitri Yuli Zulkifli, ST., M.Sc, IPM, dari Universitas Indonesia  dan  Dr. Ir. Engelin Shintadewi Julian, MT dari Universitas Tri Sakti. 

Acara asesmen lapangan ini diawali pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Syahril Batubara (pegawai FT.UISU), dilanjutkan kata-kata sambutan dari Rektor UISU, DR. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Dekan FakultasTeknik UISU, Ir.H.Abdul Haris Nasution, MT.

H. Yanhar Jamaluddin, MAP menyampaikan, pimpinan Universitas mengucapkan terima kasih atas kesediaan ibu melaksanakan asesmen lapangan secara daring selama 2 hari, dan berharap asesor memberikan penilaian lebih baik serta berharap ada rekomendasi memperbaiki kekurangnya di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU.

 Kepada mahasiswa agar dapat berpartisipasi secara maksimal dalam acara asesmen lapangan secara daring. Acara asesmen lapangan secara daring dibuka oleh Rektor UISU, DR. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim. 

Ir.H.Abdul Haris Nasution, MT, menyampaikan bahwa pada hari ini Jum’at semoga kita mendapat Barrokah, pimpinan Fakultas Teknik UISU mengucapkan terima kasih kepada Ibu asesor dan berharap agar dapat memberikan arahan-arahan untuk Fakultas Teknik khususnya kepada Program Studi Teknik Elektro FT. UISU.

Prof. Dr. Fitri Yuli Zulkifli, ST., M.Sc, IPM, sebagai asesor BAN PT berharap asesmen lapangan berjalan lancar.

Pada hari ke-1 Jum’at dimulai dengan visitasi fasilitas laboratorium, ruang dosen, ruang kelas, ruang perpustakaan dan sebagainya. Susandi Petugas Perpustakaan UISU, memberikan informasi tentang  perpustakaan, bahwa mahasiswa dapat melihat dafar judul buku secara online.

Selanjutnya berdiskusi dan tanya jawab dengan mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Sesi tanya jawab sekaligus kelarifikasi isi borang kepada ketua Prodi dan semua dosen Program Studi. Hari pertama Jum’at kegiatanya ditutup pada pukul 16.00 Wib.

Pada hari ke-2 Sabtu, 17 Oktober 2020 dilanjutkan kegiatan dimulai pukul 08.00 Wib. Diskusi dengan Dekan FT.UISU dan tim penyusun borang Fakultas Teknik.

Doni Fauzi, ST sebagai ketua di Puskom UISU, menyampaikan Sistem informasi Akademik  (SiAkad). Mahasiswa dapat melihat nilai, mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online. Dosen dapat menginput nilai ujian secara online. Perkuliahan dengan menggunakan e-learning UISU, dan penggunaan jaringan internet yang belum maksimal.

Sebelum penutupan pada hari ke-2 Sabtu, 17 Oktober 2020, asesor BAN PT Prof. Dr. Fitri Yuli Zulkifli, ST., M.Sc, IPM,  dan  Dr. Ir. Engelin Shintadewi Julian, MT banyak memberikan saran-saran serta masukan kepada Fakultas Teknik dan Program Studi FT.UISU antara lain  kepemimpinan harus dibuat lebih baik, organisasi perlu dimaksimalkan. Mahasiswa perlu difasilitasi dan dimotivasi untuk kegiatan-kegiatan ke luar. Penjaminan Mutu perlu ditingkatkan, dokumen dirapikan untuk keperluan Fakultas dan Prodi. Prodi perlu meningkatkan sarana dan prasarana. Jejaring dengan alumni perlu diperkuat. SDM di Prodi Teknik Elektro sudah senior semua, maka perlu menerima dosen-dosen mudah. Karena perkuliahan secara daring, maka fasilitas internet perlu ditingkatkan.

Abdul haris Nasution, MT, mengucapakan terima kasih kepada Ibu Asesor yang telah banyak memberikan saran, arahan dan masukan kepada Program Studi Teknik Elektro dan Fakultas Teknik UISU, serta memohon maaf.

Ir.Hj.Darliana Tanjung,MT sebagai Plt Prodi Teknik Elektro FT. UISU mengucapkan Alhamdullillah. Prodi Teknik Elektro sudah banyak mendapat pelajaran untuk perbaikan-perbaikan Prodi, mudah-mudahan kami akan lebih baik, serta memohon maaf.

 

Tagged:

Author: