Bupati Sergai Beri Kuliah UmumTechnopreneur Birokrasi di UISU UISU Serahkan Award Technopreneur

15 Jul 2022 Indah 66 Views


Reporter: Indah

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menyerahkan piagam penghargaan award Technopreneur Birokrasi kepada Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya

 

MEDAN-Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya menyampaikan kuliah umum tentang technopreneur birokrasi dihadapan mahasiswa dan civitas akademika UISU Kamis (14/7). Kegiatan itu berlangsung di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan serta dihadiri Anggota DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu yang juga Ketua HKTI Provinsi Sumatera Utara.

H. Darma Wijaya merupakan Kepala Daerah di Sumut yang menggagas perubahan mindset ASN dalam melayani masyarakat berbasis entrepreneur dengan cara melakukan inovasi penggemukan sapi berbasis teknologi atau yang biasa disebut technopreneur. Keberhasilan Bupati Sergei dalam melakukan inovasi penggemukan sapi dengan melibatkan ASN merupakan prestasi konkrit kepala daerah sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan yang dihadiri Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, Wakil Rektor UISU Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd., Wakil Rektor UISU Bidang Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT, Wakil Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA serta Ketua UPT Inkubator UISU Rafriandi Nasution SE, MT
Dalam kuliah umum itu, Bupati Sergai menjelaskan tentang inovasi penggemukan sapi guna meningkatkan perekonomian masyarakat. “Saya berpikir keras bagaimana pola mindset masyarakat harus dirubah,”ujarnya. Mindset yang dimaksud adalah perubahan pola fikir dari pencari kerja menjadi pola fikir untuk menciptakan lapangan kerja.

Dikatakannya, Serdang Bedagai memiliki potensi dalam hal penggemukan sapi, salah satunya dengan memanfaatkan limbah kelapa sawit untuk makan ternak. Untuk mensukseskan program itu, pihaknya bersama seluruh jajaran OPD di lingkungan Sergei telah memulai penggemukan sapi sehingga menimbulkan kepercayaan di masyarakat.

Selain memberikan kuliah umum, kegiatan itu juga dirangkai dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Serdang Bedagai dan UISU. Pada kesempatan yang sama, UISU juga memberikan award teknopreneur kepada Bupati Sergai H. Darma Wijaya atas keberhasilannya menggagas teknopreneur birokrasi di Sumatera Utara.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Sergai sekaligus menjelaskan bahwa keputusan untuk memberikan award merupakan hasil dari penilaian yang dilakukan UISU setelah mengamati dan menganalisa gebrakan dan program Bupati Sergei yang dapat menjadi motivasi bagi seluruh ASN termasuk motivasi bagi seluruh civitas akademika UISU.

Prestasi sekaligus program yang dilakukan Bupati Sergei, menurut Rektor UISU, menjadi tantangan bagi UISU sebagai perguruan tinggi untuk melakukan kajian dan pengembangan secara akademis dalam rangka memberikan kontribusi kepada masyarakat. Untuk itu, dengan penandatangan MoU antara UISU dan Pemkab Sergei diharapkan menjadi awal untuk kerjasama ke depan yang dapat memberikan manfaat, khususnya untuk masyarakat.

Sementara itu, H. Gus Irawan Pasaribu dalam sambutannya mengatakan bahwa prestasi dan program yang diinisiasi Bupati Sergai merupakan motivasi untuk semua pihak. Khususnya untuk mahasiswa dan civitas akademika UISU. Dikatakannya, merubah pola fikir, mindset dan bekerja secara ikhlas seperti yang dicontohkan Bupati Sergai merupakan sesuatu yang layak dicontoh dan dapat menjadi role model pelayanan birokrasi. (*)

 

Tagged: | | |

Author: