Dosen UISU Antusias Ikuti Sinta dan Scopus Camp 2023

20 Nov 2023 Indah 47 Views


Reporter: Qonita Afifa

Wakil Rektor I UISU Prof. Dr. Marzuki., SH., M.Hum bersama Prof. Amirul Mukmini, PhD , Tim Fasilitator lainnya dan peserta foto bersama saat penutupan kegiatan Sinta and Scopus Camp UISU 2023 di Auditorium UISU, Jalan SM Raja Medan kemarin.

 

MEDAN-Ratusan Dosen di lingkungan UISU antusias mengikuti Sinta dan Scopus Camp 2023 yang digelar di Auditorium UISU selama 3 hari pernuh (13 – 15 November) kemarin. Kegiatan yang menghadirkan Prof. Amirul Mukmini, PhD, Prof. Herri Mulyono, Ph.D, Prof. Rahmah Fithriani,, Ph.D sebagai fasilitator menghasilkan 96 artikel ilmiah untuk dipublikasikan di Jurnal terindeks Sinta dan Scopus.

Rektor UISU Dr. Safrida SE, MSi mengapreasi animo dosen-dosen di UISU yang mengikuti kegiatan secara full time selama 3 hari. “Ini adalah bukti bahwa dosen-dosen di UISU memiliki kemampun akademik yang tinggi sehingga mampu menghasilkan artikel ilmiah untuk dipublikasikan ke jurnal-jurnal bereputasi nasional dan internasional,”ujarnya. Kegiatan yang dimonitoring Rektor UISU dan Wakil-Wakil Rektor UISU itu merupakan langkah tepat dan cepat dalam rangka menciptakan iklim akademis sekaligus membantu dosen-dosen yang ingin mengajukan kenaikan jabatan fungsional dari Lektor ke Lektor Kepala atau Guru Besar. Pada akhirnya nanti, kata Rektor, secara langsung akan berdampak kepada perangkingan UISU dalam hal publikasi ilmiah di jurnal bereputasi.

Pada kesemapatan yang sama, sebelum kegiatan ditutup, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Marzuki., SH., M.Hum mengaku sangat gembiran. “Ini sejarah bagi UISU, sehingga sudah banyaknya artikel jurnal yang sudah ter submit selama 3 hari. Ini adalah suatu prestasi yang luar biasa dengan dukungan dari dosen di lingkungan UISU,”katanya,

Prestasi ini, lanjutnya menjadi modal dalam membangun UISU \menjadi unggul, sebab salah indikatornya adalah seberapa banyak artikel dosen yang terbit di jurnal terindeks scopus. “Ini tidak hanya untuk institusi, kami yakin para dosen akan semakin semangat untuk menulis jurnal dalam menaikakan pangkat,”sambungnya.

Sementara itu, Prof. Amirul Mukmini, PhD sebagai fasilitator menjelaskan secara gamblang trik dalam penulisan sehingga bisa diterima jurnal-jurnal terindeks sinta dan scopus. Pihaknya mengingatkan agar dosen-dosen UISU selektif dalam memilih publisher jurnal sehingga tidak terkecoh dengan publisher yang hanya mencari keuntungan materi.

Diktegaskannya bahwa publikasi di jurnal pada dasarknya merupakan kepentingan bersama antara dosen sebagai penulis, publisher jurnal dan pemerintah. Dosen berkepentingan karena prasyarat kenaikan jabatan fungsional salah satunya adalah publikasi ilmiah. Disisi lain, publisher jurnal juga berkepentingan agar tulisan yang dipublished layak dan sesuai bidang dan scope. Sedangkan pemerintah juga berkepentingan dalam rangka menaikkan rating penulisan jurnal dosen secara nasional.

Masih menurut Prof. Amirul bahwa sebelum melakukan submit, dosen wajib memperhatikan focus and scope jurnal, memastikan bahwa publisher jurnal benar-benar dapat dipercaya bukanlah jurnal predator yang hanya berorientasi materi. Dalam praktik pendampingan, Prof Amirul bersama Prof Herri dan Prof Rahmah juga memberikan tips dalam penulisan judul, menyesuaikan template dan trasnlete isi jurnal dari Bahasa. Indonesia ke Bahasa Inggris sehingga layak dan dapat diterima jurnal bereputasi Sinta dan Scopus. Termasuk dalam hal literartur Review dan pola penulisan atau gaya penulisan.

Dosen Fakultas Pertanian UISU Dr. Syamsa Firtri, SP., M.P saat diwawancarai mengaku bahwa kegiatan Sinta and Scopus Camp 2023 sangat bermanfaat dan membantu dosen dalam hal publikasi ilmiah. Hal senada disampaikan Dosen Fakultas Kedokteran dr. Surya Akbar yang juga mengikuti kegiatan yang sama. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini seluruh dosen bisa mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut bergabung. “Karena selama 3 hari ini kita di bimbing bagaimana menyusun artikel jurnal agar bisa tembus ke Sinta dan scopus,”ucapnya. (*)

Tagged: | |

Author:



%d bloggers like this: