FAI UISU Hadirkan Pembicara dari Aligarh Muslim University India

04 Februari 2020 Oleh: Humas UISU 69 Views

Prof. Dr. Mujibul Hasan Shiddique MA, dari Aligarh Muslim University-India saat menyampaikan materi dialog yang didampingi Wakil Rektor Dr. Liesna Adriany M.Pd dan seperti Dekan FAI UISU, Dr. M. Firman Maulana MA kemarin (31/1)

 

(Dunia Butuh Penyeimbang Teknologi dan Penguatan Mentalitas)

MEDAN-Fakultas Agama Islam UISU Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar dialog bersama Prof. Dr. Mujibul Hasan Shiddique MA, dari Aligarh Muslim University-India. Dialog yang diikuti seluruh pimpinan dan dosen di Fakultas Agama Islam UISU itu berlangsung di ruang yudicium FAI dalam rangka persiapan pembukaan Program Studi Pasca Sarjana (S2) Pendidikan Agama Islam, kemarin (31/1).

Dialog tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Dr. Liesna Adriany M.Pd serta unsur pimpinan fakultas, seperti Dekan FAI UISU, Dr. M. Firman Maulana MA serta jajaran wakil dekan seperti Drs. Ramlan Padang MA, Dra. Nurdiani MA dan Drs. Prianto M.Pd. Selain itu hadir juga dari unsur pimpinan universitas. Selain itu juga hadir mahasiswa dan dosen baik dari FAI maupun dosen dari beberapa fakultas di lingkungan UISU.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor UISU Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Dr. Liesna Adriany M.Pd mengatakan bahwa dialog ini sangat penting terutama untuk saling berbagi pemikiran dan ide sehingga dapat memberi masukan berbagai hal terutama untuk penataan kurikulum. “Di pascasarjana kelak, tentunya kurikulum harus didasari pendekatan dengan menempatkan Islam sebagai framnework” tegasnya.

Sementara dalam kesempatan itu Dekan FAI, Dr. M. Firman Maulana MA dalam sambutannya menyinggung isu global dan posisi pendidikan dalam menyahuti kebutuhan-kebutuhan dan tuntutan di era industry 4.0 saat ini. “Globalisasi dan era industry 4.0 telah memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan,”ujar Dr. M. Firman Maulana MA.

Karena itu, lanjut Dr. Firman, pendidikan terutama di level pascasarjana harus lebih representatif dan relevan terhadap dinamika sosial, sains dan teknologi yang berkembang dewasa ini. Dekan FAI UISU  juga menyinggung isu Islamisasi. “Islamisasi walapun isu ini telah lama bergulir namun sangat stategis bagi pembangunan peradaban Islam melaui pendidikan,”tambahnya.

Dalam pemaparan dan dialog bersama audiens, Prof. Dr. Mujibul Hasan Shiddique MA memandang perlunya Islamisasi pendidikan dengan dengan desain kurikulum yang berbasis kebutuhan (needs-based), berbasis tujuan (goal-based), berbasis medium/sarana (ends-based) dan berbasis aplikasi (practical-needs). Selanjutnya, Prof. Dr. Mujibul Hasan Shiddique MA  mengatakan bahwa kebutuhan dunia saat ini adalah penyeimbangan kemampuan teknologi dengan penguatan mentalitas produk pendidikan.

Acara dialog yang disampaikan Prof Shiddique yang juga salah seorang pejabat akademik dan riset di departemen pendidikan di Universitas Muslim Aligarh India tersebut berjalan lancar sekalipun medium instruksinya menggunakan bahasa Inggris yang dipandu oleh Drs. Ahmad Adib Nst. MM., salah dosen senior FAI-UISU.

Berbagai pertanyaan seputar pendidikan dipertanyakan audiens mulai dari system semester, jumlah kredit mata kuliah di S2 hingga urusan beasiswa, pertukaran pelajar dan kerjasama bidang pendidikan.  (***)