Fakultas Teknik UISU Gelar Pekan Ilmiah dan Seminar Nasional

08 Jun 2022 Indah 100 Views


Reporter: Indah

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama pimpinan Fakultas Teknik dan Panitia foto bersama usai pembukaan Pekan Ilmiah sekaligus Webinar Fakultas Teknik UISU di ruang Serbaguna kemarin (6/6)

 

UISU-Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara menggelar Pekan Ilmiah sekaligus Webinar Fakultas Teknik UISU SEMNASTEK tahun 2022 dengan mengangkat tema Peran dan Inovasi Insinyur Indonesia membangun Negeri. Kegiatan itu berlangsung selama 2 hari ( 6-7 Juni) di Ruang Serbaguna Fakultas Teknik UISU Jalan SM Raja Medan.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya saat pembukaan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Fakultas Teknik itu. Terlebih, kegiatan pekan ilmiah itu merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan fakultas teknik UISU. “29 Kali Fakultas Teknik melaksanakan pekan ilmiah sekaligus diiringi dengan seminar nasional Teknik tahun 2022, ini menunjukkan bahwa Teknik UISU tetap konsisten terus berkelanjutan dan tidak terpengaruh Karena adanya COVID-19,”ujar Rektor.

Dikatakan Rektor, kegiatan itu pertanda bahwa Fakultas Teknik mampu dan konsisten melaksanakan kegiatan secara berkelanjutan. Pihaknya berharap, dari kegiatan pekan ilmiah yang melibatkan berbagai perguruan tinggi di Jawa itu menghasilkan inovasi, menjadi sarana pertukaran informasi dan perkembangan terkini sehingga dapat melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pengembangan teknologi.

Saat pembukaan kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu hadir Wakil Rektor UISU Bidang Kemahasiswaan , Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori , ST , MT , Dekan Fakultas Teknik UISU Ir . H. Abdul Haris Nasution , MT , Wakil Ketua Umum PII Dr.Ing . Ilham Akbar Habibie , Dipl.Ing . , MBA . , IPU sebagai keynote speaker 1 , Dekan Fakultas Teknik Unisba Dr. Ir . Muhammad Satori . , MT . , IPU sebagai keynote speaker 2 , Dekan FT Sipil Ull Miftahul Fauziah ST . , MT . , Ph.D sebagai keynote speaker 3 , Seluruh Pemateri dari civitas akademik Fakultas Teknik UISU dan peserta yang mengikuti Webinar tersebut baik secara luring dan secara daring melalui aplikasi zoom.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik UISU Ir . H. Abdul Haris Nasution , MT menjelaskan bahwa kegiatan Pekan Ilmiah itu juga bagian dari wujud implementasi dari MoU yang sudah disepakati dengan berbagai perguraun tinggi saat melakukan kunjungan ke Jawa beberapa waktu lalu. Seperti dengan Universitas Islam Bandung, Universitas Islam indonesia. “Kerjasama ini merupakan awal artinya dapat berkesinambungan terus sesuai dengan MoU yang sudah ditandatangani dalam bentuk kegiatan dan program di berbagai bidang lainnya,”kata Dekan Fakultas Teknik UISU Ir . H. Abdul Haris Nasution , MT.

Selain itu, Ir . H. Abdul Haris Nasution , MT juga menyampaikan bahwa pemakalah yang memberikan makalah dan menjadi keynote speker adalah Dr.Ing.H.Ilham Akbar Habibie,Dipi.Ing., M.B.A Yang merupakan Wakil Ketua Umum Persatuan Insiyur Indonesia dan Dr.Ir.Muhammad Satori,MT, IPU yang merupakan Dekan Fakultas Teknik UNISBA . Sedangkan untuk hari kedua sebagai pemateri Miftahul Fauziah,ST, MT, Ph.D Yang merupakan Dekan Fakultas Teknik Sipil & perencanaan UII. “Jadi Kami berharap kiranya kerjasama kita dan Kegiatan ini dapat berlanjut terus,”tegasnya. Adapun pemateri dari UISU yang menjadi pemakalah dalam kegiatan itu diantaranya Abdul Haris Nasution dengan judul Kondisi Pemotongan Optimum Pada Pemesinan Besi Cor. Selain itu, Marwan Lubis, M. Husni Malik Hasibuan dan Abdul Azis Batubara dengan judul makalah Analisa Kinerja Simpang Empat Bersinyal Jl. SM. Raja – Pelangi – Turi, Kec. Medan Kota, Kota Medan Sumatera Utara (*)

Tagged: | | | | |

Author: