FHUISU Gelar Webinar UU Cipta Kerja

14 Oct 2020 Abdul Rasyid 155 Views


Reporter:

Reporter : Taufiq Ramadhan, SH.,MH

 

UISU, FH, Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera lakukan Webinar Nasional dengan tema “Kajian Akademik Omnibus Law UU Cipta Kerja Dalam Beberapa Perspektif” yang dilaksanakan pada hari Rabu, (14/10) melalui aplikasi zoom meeting

Rektor Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP sebagai keynote speaker dalam kegiatan webinar nasional menyatakan, Undang-Undang Cipta Kerja adalah issue yang hangat dibicarakan saat ini. Perdebatan dan penolakan tentang Undang-Undang Cipta Kerja menimbulkan gejolak aksi dari kalangan masyarakat khususnya mahasiswa dan kaum pekerja di Indonesia.

Saya mengapresiasi atas sikap empati dan responsif Fakultas Hukum yang dengan tanggap melaksanakan webinar nasional dengan tema Kajian Akademik Omnibus Law UU Cipta Kerja Dalam Beberapa Perspektif untuk memberikan pencerahan positif  kepada masyarakat tentang kelebihan dan kekurangan Undang-Undang Cipta Kerja, katanya.

Rektor berharap, semoga segala pemaparan yang disampaikan narasumber dapat menjadi suatu masukan dan pendapat positif kepada pemangku kebijakan.

Dekan FH UISU, Dr. Marzuki, SH.,M.Hum menuturkan bahwa kegitan Webinar Nasional dengan tema  “Kajian Akademik Omnibus Law UU Cipta Kerja Dalam Beberapa Perspektif” merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami mengundang para pakar hukum yang sangat representatif dibidangnya untuk menjawab segala kekeliruan dan kebingungan masyarakat teradap issue omnibus law,” tuturnya.

Omnibus law merupakan suatu Undang-Undang yang dibuat untuk menyasar satu isu besar yang mungkin dapat mencabut atau mengubah beberapa Undang-Undang sekaligus, sehingga menjadi lebih sederhana, sasarannya saat ini adalah bidang ketenagakerjaan yang dikenal dengan Undang-Undang Cipta Kerja.

Terdapat 11 klaster yang menjadi pembahasan dalam Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja, yaitu: Penyederhanaan perizinan tanah, Persyaratan investasi, Ketenagakerjaan, Kemudahan dan perlindungan UMKM, Kemudahan berusaha, Dukungan riset dan inovasi, Administrasi pemerintahan, Pengenaan sanksi, Pengendalian lahan, Kemudahan proyek pemerintah, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Webinar nasional menampilkan nara sumber Prof. Dr. Ir. Hariadi Kartodihardjo, M.S (Guru Besar Kebijakan Kehutanan IPB), Dr. Eka NAM Sihombing, S.H., M.Hum (Pengajar Legislative Drafting Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), Dr. Ibnu Affan, S.H., M.Hum  (Pengajar Hukum Ketenagakerjaan Universitas Islam Sumatera Utara), serta Dani Sintara, S.H., M.H (Pengajar Hukum Pemerintahan Daerah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)

 

 

 

 

Tagged:

Author: