FP UISU Lakukan FGD dengan Lemhannas RI

17 Sep 2020 Muhammad Rizal Lubis 109 Views


Reporter : Sri Alfridayanti


Saat berlangsungnya Focus Group Discussion (FGD) Fakultas Pertanian UISU bersama Lemhanas RI


UISU – Fakultas Pertanian (FP) Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia. Dalam kegiatan ini, kelapa sawit menjadi fokus utama dalam diskusi yang dilakukan.

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi penyumbang terbesar bagi negara. Melalui kegiatan FGD ini, dapat dilihat apa saja permasalahan yang terjadi di daerah secara ril dan nyata dilihat dari pandangan akademisi, pelaku usaha, dan seluruh stakeholder yang menagani indistri kelapa sawit ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua Lemhannas Ramset L. Tobing saat diwawancrai oleh tim uisu.ac.id pada Rabu (16/09/20).

“Kelapa sawit ini kan salah satu komoditi penyumbang terbesar. Komoditi ini banyak sekali menyerap tenaga kerja. Sebenernya dari kegiatan ini, kita ingin melihat permasalahan yang terjadi di daerah secara ril dari pandangan akademisi, pelaku usaha, dan seluruh stakeholder yang menangani industri sawit ini”, ujar Ramset saat diwawancarai.

Dipilihnya UISU karena mereka melihat di lingkungan UISU ada beberapa akademisi yang menonjol di bidang kelapa sawit. Selain itu, mereka juga melihat bahwa UISU memiliki fokus terhadap bidang kelapa sawit.

“Sebelumnya, kita melakukan survey dulu dan kita sudah ke beberapa universitas. Lalu kita lihat lagi universitas mana lagi yang fokus terhadap kelapa sawit ini. Kita lihat di UISU ada. Disini ada beberapa akademisi yang menonjol di bidang sawit ini. Makanya tim kita berkomunikasi dengan UISU”, kata Ramset.

Menurut Ramset L. Tobing, kegiatan ini sebenarnya dilakukan untuk mendapatkan masukan dari para akademisi, pengusaha, dan stakeholder yang menangani industri sawit. Hasil dari FGD ini diharapkan menjadi solusi terbaik yang bisa digunakan untuk mengembangkan industri kelapa sawit ini agar bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Dari data-data ini, dari masukan-masukan para akademisi, pelaku usaha di bidang kelapa sawit ini kita berharap akan mendaptkan saran dan solusi yang ideal dalam pengelolaan kelapa sawit ini agar bisa dikembangkan di kemudian hari. Yang akan memberikan dampak lebih besar bagi kesejahteraan rakyat”, tutup Ramset.

Tagged: | |

Author: