Gebyar Muharram UISU: Kuliah Umum, Pengobatan Gratis dan MTQ

04 Aug 2022 Zakaria Siregar 39 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof.Ismet Danial Nasution,drg,pH.D,Ap.Pros(K),FICD, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, Prof. Dr. H. Maimun Aqsha Lubis Bin Abdin Lubis, Ph.D,Ed.D.M.Ed serta unsur Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan UISU foto bersama usai pelaksanaan Kuliah Umum Rabu (3/8). (biro/asrol)

 

 

UISU – Dalam rangka memeriahkan peringatan 1 Muharram 1444 H, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari kuliah umum, pengobatan gratis, khataman alquran  dan berbagai macam perlombaan MTQ. Kemarin (3/7) kuliah umum dilaksanakan di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan yang menghadirkan Prof.Dr.H.Maimun Aqsha Lubis Bin Abdin Lubis, Ph.D,Ed.D.M.Ed dari Faculty of education Universiti Kebangsaan Malaysia.

Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof.Ismet Danial Nasution,drg,pH.D,Ap.Pros(K),FICD menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan peirngatan 1 Muharam merupakan impelementasi dari dakwah islamiyah yang merupakan bagian dari Tri dharma dan Dakwah Islamiyah UISU. Dijelaskan Prof. Ismet bahwa ada perbedaan dalam implementasi mencapai visi dan misi UISU dengan perguruan tinggi lainnya yang mengenal istilah Tri Dharma Perguruan TInggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tetapi UISU memiliki ciri khas khusus yakni kegiatan dakwah Islamiyah selain Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dakwah Islamiyah ini, lanjut Prof. Ismet sejalan dengan cita-cita dan niat pendiri UISU pada tahun 1951 ketika mendirikan UISU. Dikatakannya, kegiatan yang saat ini dilakukan merupakan bagian dari implementasi dakwah Islamiyyah UISU.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat memberikan kata sambutan mengatakan bahwa semangat peringatan 1 Muahrram 1444 H harus menjadi momentum yang baik sejalan dengan tema peringatan yakni Mewujudkan Internasionalisasi Institusi Menuju UISU Unggul. Dijelaskan Rektor UISU, bahwa peringatan Muharram yang diisi dengan kuliah umum dengan menghadirkan pemateri dari Malaysia merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan internasionalisasi menuju UISU Unggul. “Karena itu mudah-mudahan dengan kuliah umum internasional pada hari ini merupakan titik awal kegiatan-kegiatan kedepan agar kita dapat melibatkan perguruan-perguruan tinggi luar negeri,”ujarnya.

Sementara itu, Gebyar Muharram tahun baru Islam 1444 H/2022 M Universitas Islam Sumatera Utara bekerjasama dengan rumah sakit mata SMEC Medan, pesantren tahfidz maskanul huffadz, dan Ipqah Kota Medan. Kegiatan itu juga dihadiri Plt Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara  Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, seluruh pengurus Yayasan UISU, serta Unsur Pembina dan Pengawas Yayasan UISU dan pimpinan Universitas, Fakultas dan civitas akademika UISU.

Ketua Panitia Kegiatan, H. Ikrom Helmi Nasution menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharram digelar dengan berbagai kegiatan. Selain kuliah umum juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di lapangan parkir kampus UISU untuk pemeriksaan tensi, gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kemudian khataman dan tahsin alquran Sabtu (6/8) di Masjid Jami’ Al Munawwarah UISU pada minggu depan akan dilkaukan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar mahasiswa UISU dan SMA/Aliyah/SMK. (***)

Tagged: | | | | |

Author: