Jelang Milad ke-70: Membangun Sinergi Menuju UISU Unggul

12 Dec 2021 Zakaria Siregar 194 Views


Reporter: Zakaria

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP usai bertemua langsung dengan Ketua Dekranasda Sumut Hj. Nawal Lubis menyampaikan tentang Kampung Batik Brandan kerjasama UISU dengan dengan PT. Gemilang Nusa Kreasindo

MEDAN-Menjelang Milad ke-70 UISU 7 Januari 2022 mendatang diharapkan menjadi moment guna kemajuan perkembangan UISU sebagai perguruan tinggi yang pertama hadir di Pulau Sumatera. Kali ini, UISU mengangkat tema membangun sinergi menuju UISU Unggul. Demikian disampaikan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam wawancara beberapa hari lalu menjelang peringatan Milad UISU 7 Januari 2022 mendatang.

Bicara soal tema, Rektor UISU mengatakan bahwa sinergi dengan semua pihak merupakan syarat mutlak untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan yang dimaksud bagi perguruan tinggi sekarang ini adalah mencapai peringkat sebagai perguruan tinggi yang unggul. Untuk itu, kata Rektor, semua pihak harus bersinergi menjalan tugas dan fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama yang diharapkan.

Untuk mencapai sinergi itu, kata Rektor, dibutuhkan persamaan persepsi yang hanya dapat dibangun melalui komunikasi yang efektif agar dapat difahami seluruh kelompok dan pihak. “Mulai dari Badan penyelenggara, pimpinan akademik, dosen, mahasiswa harus memiliki persepsi yang sama tentang tujuan dan target yang akan dicapai,”jelasnya. Pihaknya berharap agar moment peringatan Milad ke-70 UISU kali ini benar-benar menjadi moment untuk dapat mengembangkan UISU sebagai Perguruan Tinggi Swasta, baik dalam skala lokal, nasional maupun regional.

Ketika ditanya soal prestasi dan inovasi yang sudah dilakukan selama ini, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP yang juga alumni Fisipol UISU itu mengatakan berbagai inovasi dan prestasi sudah dilakukannya dalam kurun waktu sekitar 2 tahun kepemimpinannya. Salah satunya kehadiran kampung batik Brandan kerjasama dengan PT. Gemilang Nusa Kreasindo. Rektor UISU secara lisan bahkan sudah bertemu dengan Ketua Dekranasda Sumut Hj. Nawal Lubis yang juga alumni Fakultas Ekonomi UISU terkait keberadaan kampung batik Brandan beberapa waktu lalu untuk rencana lounching pada Milad kali ini.

Selain itu, UISU juga sudah membangun desa Mitra yang ada di kabupaten Langkat, Batubara dan Serdang Bedai hingga berbagai prestasi mahasiswa dan prestasi perolehan hibah penelitian secara nasional serta inovasi dan prestasi lainnya. “Kedepan semuanya akan kita tingkatkan lagi dalam rangka mencapai target sebagai perguruan tinggi yang unggul,”tegasnya.

Termasuk mempercepat kenaikan jabatan dan kepangkatan dosen serta mendorong dosen-dosen untuk melakukan penelitian dan melanjutkan studi ke jenjang doctoral (S3). Saat ini, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap seluruh dosen dan membantu dosen-dosen untuk proses kenaikan jabatan fungsional dan kepangkatan. Sebab, salah satu yang menjadi syarat mutlak menuju PTS unggul adalah persoalan SDM yakni dosen yang ada di masing-masing program studi.

Sementara itu, terkait kegiatan Milad, Rektor UISU mengatakan selain menggelar sidang senat terbuka juga direncakan akan dilakukan peresmian inkubator bisnis dan kewirausahaan, kegiatan job fair serta peresmian laboratorium sosial di langkat dan peluncuran buku tentang Rektor UISU dari masa ke masa dan beberapa kegiatan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU kembali mengajak seluruh civitas akdaemika di lingkungan UISU untuk sama-sama bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya. “Gunakanlah peran dan kewajiban masing-masing. In shaa Allah tujuan bersama dapat kita capai,”ujarnya. Jadi, lanjut Rektor, kata kuncinya adalah sama-sama bekerja, saling melengkapi dan saling mengingatkan.

Dalam sebuah organisasi, kata Rektor UISU yang juga lulusan Unpad ini, keberadaan pimpinan fungsinya bukanlah menjadi bagian yang eksklusif melainkan diperlukan kelompok-kelompok menengah dan keompok bawah, seperti pimpinan Fakultas, Dosen dan Pegawai. “Jadi, intinya keberadaan kita semua berada dalam kesatuan dan tidak ada perbedaan,” tutup Rektor UISU. (***)

Tagged: | |

Author: