LAM RIAU dan Bengkalis Silaturahmi ke UISU FKIP Terima Buku Koleksi Buku Ahmad Zaini Nasution

08 Nov 2022 Indah 49 Views


Reporter: Qonita Afifa

 Dekan FKIP Prof Hasrita Lubis, M.Pd, Ph,D menerima bantuan Koleksi Buku Ahmad Zaini Nasution di Kampus UISU Kemarin (4/11)

 

UISU-Universitas Islam Sumatera utara (UISU) menerima kunjungan silaturrahmi Lembaga Adat Melayu Riau (LAM RIAU) dan Bengkalis di Ruang Serbaguna Pusat Administrasi UISU kemarin. (4/11). Kehairan rombongan itu diterima langsung Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP dan didampingi Wakil Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prof Hasrita Lubis, M.Pd, Ph,D, dan Dr. Dahlena Sari Marbun serta Dr.Syafwan Hadi Umri M.Hum yang merupakan Ketua Umum Satupena Sumut.

Sementara itu, hadir perwakilan Lembaga Adat Melayu Riau dan Bengkalis yang dipimpin Datok Hidaham Mahmud beserta romobongan. Pada kesempatan itu, Rektor UISU Dr. .H.Yanhar Jamaluddin,MAP mengucapkan selamat datang kepada LAM Riau dan Bengkalis yang telah berkunjung ke UISU. “Kami dari pimpinan universitas mengucapkan selamat datang kepada rombongan Lembaga Adat Melayu Riau dan Bengkalisyakni kepada Bapak Datok hidaham Mahmud dan para peserta rombongan yang sudah berkenan datang ke UISU,”ujarnya,

Pada kesempatan itu, Rektor UISU Dr.H.Yanhar Jamaluddin, M.A.P juga menjelaskan mengenai bahwa kehadiran UISU tidak lepas dari perjuangan dan kontribusi tokoh-tokoh Melayu. “Sultan Deli ke XI Tengku Osman Al-Sani Perkasa Alamsyah (berkuasa 1945-1967) berperan mendirikan UISU tahun 1952, dan juga memberikan hak pakai tanah/bangunan untuk tempat perkuliahan pertama di Jalan SM. Raja Medan. Dan Aroma Melayu di UISU lainnya ada Datuk Prof (HC) H. Ahmad Baqi Sastrawan Melayu dan Maestro musik gambus menciptakan musik/lagu Mars UISU (17.8.1986),”paparnya. Tidak hanya itu, dalam kiprahnya sebagai lembaga pendidikan, UISU juga mengambil peran dalam melestarikan dan konsisten terhadap pengembangan budaya Melayu hingga saat ini.

Acara silaturahmi itu juga dirangkai dengan Penyerahan Koleksi Buku Ahmad Zaini Nasution sebanyak 200 eksemplar yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Satu Pena SUMUT Dr. Syafwan Hadi Umri M.Hum kepada dekan FKIP UISU Prof Hasrita Lubis, M.Pd, Ph,D di ruang Afirmasi FKIP UISU.

Dekan FKIP Prof Hasrita Lubis, M.Pd, Ph,D menyampaikan terimakasih kepada keluarga Alm.Ahmad Zaini Nasution yang telah berkenan menyumbangkan buku-bukunya ke FKIP UISU. “Kami dari keluarga besar FKIP UISU mengucapkan terimakasih Alm.Ahmad Zaini Nasution beserta keluarga, Karena dalam program ini kami mengapresiasi 200 buku ini menjadi inspirasi menulis di Program Studi Sastra, Program Studi Bahasan Indonesia dan akan menjadi Galeri Sejarah dan Sastra.

Ketua Umum Satu Pena Sumut Dr. Syafwan Hadi Umri M.Hum yang juga merupakan Dosen sastra UISU juga menyampaikan bahwa penyerahan koleksi i=buku ini sejalan dengan Kerjasama Satu Pena dengan UISU yakni bagaimana membangun Literasi di Sumatera Utara, terutama pada kampus UISU. “Ini merupakan salah satu program Satu Pena Sumatera Utara, Jadi buku-buku ini agar tidak hilang begitu saja, dan dapat dibaca oleh generasi muda sekarang dan bakal menjadi salah satu acuan dan refrensi penting. Pihaknya juga Dr. Syafwan juga menjelaskan bahwa penyerahan buku ini adalah amanah literasi dari bapak Alm.Ahmad Zaini Nasution, dan FKIP UISU merupakan pelopor pertama membangun suatu galeri literasi. (*)

Tagged: | | | | | | | |

Author: