Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Dr Ismet Danial Nasution, drg, dan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama rombongan foto bersama saat mengunjungi Mahsa University di Malaysia kemarin (18/10)

MEDAN-Dalam rangka meningkatkan kualitas akademik, tahun ini mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) sudah dapat melaksanakan ko-asisten (koas) di Selayang Hospital Malaysia. Kegiatan koas itu merupakan program elektif sebagai implementasi Memorandum pf Understanding (MoU) antara Mahsa University dan UISU. Demikain penjelasan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS. MA kepada wartawan Senin (21/10).

 

Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Dr Ismet Danial Nasution, drg, dan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama rombongan foto bersama saat mengunjungi Mahsa University di Malaysia kemarin (18/10)

Dikatakan Andang Suhendi, kerjasama itu merupakan hasil penjajakan kerjasama dan kunjungan Pimpinan UISU ke Mahsa University akhir pekan lalu. Turut hadir dalam kunjungan ke Mahsa University, Malaysia, Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Dr Ismet Danial Nasution, drg, Sekretaris Umum Yayasan, Ir. Indra Gunawan, MP, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, Wakil Rektor KSI, Andang Suhendi, SS, MA, Dekan FK, dr Indra Janis, MKT serta pimpinan Fakultas Kedokteran UISU.

Sementara itu, dari pihak Mahsa University, kehadiran pimpinan UISU disambut Prof. Khairul Anuar bin Abdullahselaku Konsultan Kerjasama, Rektor MAHSA Prof. Dato’ Dr. Ishak Abdullah Rozak, Dekan Kedokteran MAHSA, dan staf kedokteran MAHSA.

Pada pertemuan membahas kerjasama itu, disepakati bahwa Universitas Islam Sumatera Utara akan mengirim mahasiswa Mahasiswa Fakultas Kedokteran  untuk mengikuti Koas dalam program Elektif di MAHSA dan Selayang Hospital. Ini dilakukan setelah adanya kerjasama FK dato’ Prof Khairul Anuar bin Abdullah dengan pihak UISU, belum lama ini di Malaysia.

Kerjasama ini juga diharapkan sebagai upaya untuk mengembangkan FK UISU untuk membuka Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran UISU. Setidaknya, kerjasama dan implementasi kerjasama yang dilakukan UISU dengan Mahsa University, khususnya Fakutlas Kedokteran merupakan upaya konkrit dalam peningkatan mutu kualitas akademik yang akan berdampak untuk peningkatan akreditasi institusi dan program studi.

Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Indra Janis, MKT pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa pengiriman mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU ke Malaysia tetap melalui proses seleksi, salah satunya adalah kemampuan Bahasa Inggris. Pihaknya berharap program kerjasama terus berlanjut hingga ke depan, rencana kerjasama pengakuan terhadap lulusan Fakultas Kedokteran UISU di Mahsa University dapat terwujud.

Masih menurut Andang Suhendi, selain ke Mahsa University, pihaknya juga melakukan kunjungan ke ke UITM Sremban Negeri Sembilan Malaysia untuk melihat peluang kerjasama yang dapat dilakukan kedua universitas. Kehadiran pimpinan UISU langsung disambut Rektor UITM Prof. Dr Yamin Tasin serta Wakil Rektor Bidang Akademik UITM Prof. Madya, Dr Abdul  Halim Ramli dan beberapa staf.

Dijelaskan Andang Suhendi bahwa kunjungan ke UITM tersebut dalam rangka pencapaiakn visi dan misi UISU melalui implementasi dan pengembangan Tri Dharma dan hal lain berhubungan dengan pengembangan kualitas kedua lembaga. Hasilnya, kedua universitas sepakat akan melakukan penandatanganan MoU dalam waktu dekat. (***)