Non-Muslim Nyaman Kuliah di UISU

10 Sep 2020 Abdul Rasyid 103 Views


Reporter: Suhendra

UISU/FS. Meskipun masyarakat mengenal Universitas Islam Sumatera Utara sebagai Perguruan Tinggi Islam, namun dari sejak awal berdirinya hingga sekarang, UISU tidak pernah membatasi kalangan non muslim menimba ilmu di kampus itu.

Hal itu dibenarkan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Dakwah Islamiyah Fakultas Sastra, Purwarno, S.S., M.A. saat dimintai pendapatnya mengenai mahasiswa non muslim UISU di Biro Administrasi Fakultas Sastra UISU (10/09/2020).

Purwarno, S.S., M.A. juga menambahkan bahwa dalam kegiatan perkuliahan tidak ada perbedaan antara mahasiswa muslim dan non muslim, semua diperlakukan sama, dan semua mahasiswa harus menyelesaikan seluruh matakuliah, termasuk matakuliah Agama Islam yang ada disetiap semesternya.

Jumlah mahasiswa non muslim di Fakultas Sastra persentasenya tidaklah besar, akan tetapi cukup memberi warna ke-Bhinekaan dalam kegiatan perkuliahan. Seperti Jony Krisman Laowo, pemuda asal Pulau Nias ini selalu terlihat aktif dalam setiap kegiatan kampus dengan nyaman tanpa ada rasa canggung.

Bahkan mahasiswa semester V ini juga mengunggah video testimoni di laman akun Facebook dan Istagram Fakultas Sastra pada (13/08/2020). “Kesan saya kuliah di Fakultas Sastra UISU tidak ada diskriminasi, walaupun saya non muslim, semua diperlakukan sama, teman-teman saya juga tidak pernah mempermasalahkan agama, apalagi dosen-dosen yang juga sangat objektif kepada semua mahasiswa, tidak ada perbedaan.” Ujar Joni dalam video testimoninya.

 

Tagged:

Author: