Peringati 1 Muharram UISU: Integrasi Nilai Keislaman dalam Pengetahuan

14 Aug 2021 Zakaria Siregar 27 Views


Reporter: Zakaria

 

Wakil Rektor UISU Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd didampingi Sekretaris LEPPAI UISU Ely Agustami, S.Ag. MA saat memberikan keterangan kepada wartawan usai peringatan 1 Muharram secara luring dan daring di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Sabtu (14/8).

MEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) hingga kini tetap fokus dalam mengimplementasikan dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman sebagai bagian dari upaya mewudujudkan visi dan misi UISU sebagai Perguruan tinggi yang berbasis keislaman. Hal itu disampaikan Wakil Rektor UISU Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd kepada wartawan saat peringatan 1 Muharram secara luring dan daring di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Sabtu (14/8).

Dr. Liesna Andriany yang mewakili Rektor UISU dalam kegiatan itu kepada wartawan mengatakan bahwa UISU akan terus berbenah dan melakukan berbagai perubahan untuk lebih baik dalam rangka mengedepankan nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan akademik. Salah satunya dengan melaksanakan peringatan 1 Muharram bagi seluruh civitas akademika UISU.

UISU, jelasnya, berbeda dengan Perguruan Tinggi lain karena memaliki 4 dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, Pengabdian dan Dakwah Islamiyah. Nilai Keislaman dan Dakwah Islamiyah itulah yang menjadi ciri khas UISU. Artinya, Dr. Liesna Andriany, segala bentuk aktivitas keilmuan di UISU harus diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman.

Dijelaskannya bahwa UISU sebagai [erguruan Tinggi tidak hanya mengajarkan pengetahuan, keilmuan dan keterampilan tetapi harus berlandaskan nilai-nilai keislaman. Dalam sambutannya, Dr. Liesna juga mengingatkan bahwa seluruh civitas akademika UISU benar-benar memanfaatkan teknilogi IT sebagai penunjang pembelajaran s tengah pandemi covid19. “1 muharam harus menjadi moment untuk hijrah dan lebih baik lagi d tengah pandemi covis 19,”ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Pengurus Yayasan UISU, H. Ikrom Helmy Nasuton, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa pandemic covid19 yang sudah berlangsung selama 2 tahun harus menjadi moment bersama untuk melakukan muhasabah dan introspeksi. “Covid membawa peruabahan baru dalam dunia pendidikan sehingga pemanfaatkan teknologi informasi menajdi sebuah keharusan dalam proses pembelajaran.  Pihaknya juga mengajar agar dalam menghadapi pandemic covid19 ini, seluruh keluarga besar UISU tetap memperbaiki diri dan meningkatkan amal shaleh.

Hadir dalam peringatan 1 Muharram itu, Prof. Dr. Syahrin Harahap sebagai penceramah yang juga Rektor UINSU. Prof. Syahrin menyampaikan materi ceramah ilmiah dengan tema kontribusi Islam dalam pengembangan Peradaban Islam Pasca Pandemi. Kegiatan peringatan 1 Muharram dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara live melalui akun youtube humas UISU. Selain itu hadir juga Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Tata Kelola Zufrizak SE. Ak, CA, MBA MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori ST, MT serta Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA.  Sementara itu, unsur pimpinan  Fakultas mengikuti secara luring di Auditorium UISU dengan tetap melaksanakan protocol Kesehatan seperti yang dianjutkan pemerintah. Dan dosen, pegawai serta mahasiswa yang  mengikuti kegiatan secara daring..(***)

Author: