Rektor Lepas PKM Mahasiswa FAI UISU ke Batubara

16 Feb 2021 Zakaria Siregar 103 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Dekan Fakultas Agama Islam-UISU, Dr. M. Firman Maulana dan pimpinan foto bersama dengan mahasiswa yang akan berangkat melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di monument UISU Jalan SM Raja Medan Senin (15/2). (biro/mashudi)

 

UISU – Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melepas keberangkatan 82 mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) yang akan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Batubara, Senin (15/2). Pelepasan itu berlangsung di halaman parkir Kampus UISU Jalan SM Raja Medan dan dihadiri Dekan Fakultas Agama Islam-UISU, Dr. M. Firman Maulana, Wakil Dekan bidang akademik, Drs. Ramlan Padang MA, Wakil Dekan bidang kemahasiswaan, Drs. Parianto MPd, Ketua Program Studi dan pimpinan fakultas serta mahasiswa yang akan berangkat melaksanakan PKM.

Pada kesempatan itu Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengatakan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan dilaksanakan mulai 15 Februari hingga 30 Maret merupakan bagian dari kegiatan catur dharma UISU. “Pendidikan, penelitian, pengabdian dan dakwah Islamiyah. Semuanya didalam bingkai dakwah Islamiyah,”kata Rektor.

Rektor mengingatkan agar mahasiswa yang berangkat melaksanakan kegiatan KKN dapat memanfaatkan kegiatan itu menjadi ajang promosi untuk menyampaikan perkembangan dan kemajuan UISU kepada masyarakat. “Terutama sampaikan bahwa kegiatan akademik di UISU berjalan lancar sesuai dengan peraturan yang berlaku,”tegas Rektor. Pihaknya juga berharap agar kegiatan pengabdian menjadi pertemuan yang dirindukan antara masyarakat dengan mahasiswa FAI UISU.

Untuk itu, pihaknya berharap agar mahasiswa FAI yang akan melaksanakan kegiatan pengabdian di 10 Desa di kabupaten Batubara dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat ditengah-tengah masyarakat. “Kita berharap ini menjadi kunjungan yang dinanti-nati dan memberikan citra yang positif terhadap institusi UISU di tengah-tengah masyakat,”ucapnya.

Kepada pimpinan Fakultas Agama Islam, Rektor UISU juga berharap agar secepatnya menetapkan desa mitra sebagai pusat kegiatan catur dharma Fakultas Agama Islam. “Fakultas Ekonomi sudah menetapkan desa binaan di Desa Pantai Cermin, FKIP dan Fakultas Pertanian di Desa Teluk Mengkudu. Silahkan FAI dapat menetapkan salah satu dari 10 desa di Batubara menjadi desa mitra,”katanya.

Adapun lokasi PKM tersebar di 2 Kecamatan yakni Kecamatan medan Deras sebanyak 9 (sembilan) desan yakni Desa Sidomulyo, Desa Pematang Cengkring, Desa Pakam Raya, Desa Lalang, Desa Medang, Desa Nenas Siam, Desa Madrasah, Desa Medang Baru dan Desa Pematang Nibung. Sedangkan untuk Kecamatan Air Putih lokasi PKM di desa Aras.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam Dr. M. Firman Maulana berterimakasih atas dukungan universitas untuk kegiatan pengabdian ini. Pihaknya berharap kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa dapat memberikan dampak yang positif bagi institusi dalam rangka menyampaikan kemajuan dan keberadaan UISU saat ini.

Selain itu, melalui kegiatan pengabdian ini mahasiswa yang ikut dalam kegiatan PKM dapat mengaplikasi ilmu yang selama ini diperoleh secara teori di kampus. “Ini saatnya mahasiswa mengaplikasi apa yang mereka terima secara teori, mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan masyarakat dan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini,”ujarnya.

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. M. Firman Maulana menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan monitoring kegiatan pengabdian untuk memastikan seluruh kegiatan yang dilakukan mahasiswa tepat sasaran dan dapat diterima masyarakat. (***)

 

 

Tagged: | |

Author: