Rektor UISU Bersemangat Tanam Bakau di Desa Pematang Kuala

29 Sep 2020 Muhammad Rizal Lubis 42 Views


Reporter : Sri Alfridayanti


Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin M.AP (kiri) terlihat sedang menanam pohon bakau. Tampak rektor UISU didampingi oleh Kepala Dusun V (tengah) dan Kepala Desa Pematang Kuala (kanan ujung).


UISU – Pelaksanaan Program Holistik Pengembangan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020 yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) kali ini berkesempatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam kegiatan ini ada dua kegiatan utama yang dilakukan yaitu pembuatan pagar bambu yang digunakan untuk memecah ombak serta penanaman 1001 bibit bakau. Menurut Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin M.AP  kegiatan PHP2D ini merupakan mata rantai dari seluruh program yang ada di UISU. bibir pantai Dusun V Desa Pematang Kuala, Serdang Bedagai (27/09/20).

“Kegiatan ini sendiri sebenarnya merupakan mata rantai dari keseluruhan program kita di UISU. Artinya bahwa program ini merupakan wujud nyata dari peran UISU di masyarakat terutama dalam upaya pelestarian lingkungan”, ujar Dr. H. Yanhar Jamaluddin M.AP. Rektor UISU.

Lebih jelasnya Dr. H. Yanhar Jamluddin M. AP juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari UISU khusunya mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) UISU. Selain itu, pelaksanaan kegiatan PHP2D ini juga disandingkan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan UISU.

“Tahun 1980-an kawasan ini masih masuk dalam lingkungan terbaik yang tidak mengalami kerusakan lingkungan. Namun, tahun 1990-an mulai terjadi abrasi sekitar 1 km dari bibir pantai yang mengakibatkan kerusakan. Atas kepedulian itu mahasiswa FKIP melakukan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian ini sekalian kita sandingkan dengan program PHP2D ini”, kata Dr. Yanhar Jamaluddin M.AP. saat diwawancarai oleh tim uisu.ac.id yang terlihat begitu bersemangat ketika menanam bibit bakau di bibir pantai

Rektor UISU mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan terus dipelihara oleh masyarakat desa Pematang Kuala sendiri. Ia juga mengharapkan bahwa desa Pematang Kuala sendiri bisa menjadi prioritas pemerintah dalam upaya memperbaiki lingkungan khususnya di Kabupaten Serdang Badagai. Harapan yang sama juga diungkapkan oleh kepala Desa Pematang Kuala Herman saat diwawancarai oleh tim uisu.ac.id.

“Mudah-mudahan ini menjadi mercusuar bagi kami masyarakat desa Pematang Kuala. Khusunya warga dusun V secara swadaya bisa melanjutkan program ini. Kami mengucapkan terima kssih yang sebesar-besarnya kepada Mahasiswa UISU karena telah membantu masyarakat desa ini”, tutp Herman yang juga ikut bersama rector Menanam bibit bakau.

Tagged: | |

Author: