Rektor UISU di Sidempuan Serahkan NA dan Gagas Penelitian Budidaya Bawang Merah

13 Nov 2022 Indah 63 Views


Reporter: Indah

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, S.H. MM panen bawang merah di Desa Pudunjulu Kecamatan Sidempuannadua.

 

UISU – Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menyerahkan naskah akademik yang berisi kajian ilmiah tentang perubahan nama Padang Sidempuan menjadi Padangsidimpuan ke Walikota Padang Sidempuan kepada Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, S.H. MM di Ruang Rapat Walikota Padangsidimpuan, Rabu (9/11).

Dalam penyerahkan Naskah Akademik itu hadir juga Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, sedangkan Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA, Ketua Lembaga Penelitian Prof. Nurhayati serta Dekan Fakultas Hukum UISU Dr. Marzuki. Kajian akademik yang dilakukan Tim dari Fakultas Hukum UISU yang dipimpin Dekan Fakultas Hukum UISU Dr. Marzuki merupakan bagian dari implementasi MoU antara UISU dan Pemko Padang Sidempuan yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

Penyerahan Naskah Akademik itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Rektor UISU selama beberapa beberapa hari di Kota Padang Sidempuan. Rektor UISU beserta Tim sebelumnya berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan alumni UISU yang ada di PAdangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Madina dan sekitarnya. Silaturahmi itu berlangsung di kediaman di Kediaman Wakil Walikota Padangsidmpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM di Jl. Ompu Hutatunjul No. 1 Kelurahan Sambungan Jae.
Kemudian, pada pertemuan di Kantor Walikota, Rektor UISU juga menggagas rencana penelitian tentang budidaya Bawang Merah yang saat ini sedang dikembangkan Pemko Padang Sidempuan.

Pada pertemuan itu, Rektor UISU berterimakasih atas sambutan dan kesediaan Walikota dan Wakil Walikota Padang Sidempuan yang telah menerima kehadiran Tim dari UISU. Pihaknya berharap, rangkaia kerjasama dapat terus dilanjutkan antara UISU dan Pemko Padang Sidimpuan. Program-program itu, lanjut Rektor UISU, merupakan bagian dari implementasi Catur Dharma PT UISU, yakni penelitian dan pengabdian.

Sementara itu, Walikota Padang Sidempuan pada pertemuan itu sangat berterimakasih atas kontribusi UISU. Terkait rencana perubahan nama Kota Padang Sidempuan menjadi Padang Sidimpuan, katanya, memang sudah lama direncakan karena selalu menjadi sorotan dan perdebatan. Dengan selesainya kajian akademik yang dilakukan UISU akan menjadi dasar selanjutnya untuk Pemko Padang Sidempuan meneruskan kepada pemerintah pusat untuk perubahan nama tersebut.

Terkait penelitian UISU tentang budi daya bawang merah, pihaknya sangat mengapresiasi dan berharap hasil penelitian itu, akan menjadi rujukan dalam pengembangan budi daya bawang merah di Padang Sidempuan. Dijelaskannya, saat ini Pemko Padang Sidempuan memang sesang menggalakkan budidaya bawang merah bersama seluruh camat dan masyarakat. Harapannya. Ketersediaan pasokan bawang merah itu dapat memenuhi kebutuhan konsumsi bawang merah.

Usai pertemuan, Walikota Padang Sidempuan langsung mengajak Rektor UISU beserta rombongan untuk panen bawang merah di Desa Pudunjulu Kecamatan Sidempuannadua. Di lokasi panen Walikota secara gamlang menjelaskan bagaiman prospek budidaya bawang merah disatu sisi dapat memenuhi kebutuhan dan menahan inflasi tapi juga memberikan keuntungan secara ekonomi bagi masyarakat. (*)

Tagged: | | | | | | | |

Author: