Rektor UISU Kunjungi Mahasiswa KKN Tematik di Langkat

24 Jul 2022 Indah 99 Views


Reporter: Indah

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Kepala Dusun 3 Wiyono foto bersama saat mengunjungi mahasiswa KKN Tematik di Desa Bekiung Kecamatan Kuala Langkat, Sabtu (23/7)

 

UISU-Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengunjungi lokasi mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik di Kabupaten Langkat, tepatnya di Desa Bekiung Kecamatan Kuala dan Desa Sidomulyo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Sabtu kemarin (23/7). Kegiatan yang berlangsung selama seharian itu dalam rangka melihat langsung dan memonitor kegiatan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN Tematik tahun 2022.

Paginya, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin mengunjungi mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik di Desa Bekung. Rektor mengapresiasi kegiatan mahasiswa dalam rangka berkonstribusi untuk masyarakat serta bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Saat berbincang-bincang, mahasiswa menjelaskan berbagai aktivitas yang mereka lakukan. Mulai dari menggelar pengajian malam, bimbingan belajar, gotong royong, penanaman tumbuhan obat-obatan hingga memproduksi emping jagung dan wajik salak.

Rektor UISU mengaku senang mlihat langsung bagaimana aktivitas mahasiswa KKN di desa Bekiung. Kepada mahasiswa Rektor berpesan bahwa kegiatan KKN Tematik memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Diantarnya berkesempatan untuk mengomplemnetasikan ilmu yang dalam di bangku kuliah sekaligus belajar langsung ditengah-tengah masyarakat. “Bagaimana kita bekerjasama dalam satu tim, inilah saatnya kita berlajar dan praktik langsung. Siapa mengerjakan apa masin-masing ada tugasnya,”ujar Rektor. Kepada mahasiswa, Rektor juga berpesan agar tetap berprilaku yang baik dengan menjaga nama insititusi UISU.

Pada kesempatan itu, Ketua Kelompok Mahasiswa Faisal Rahman Rambe mengungkapkan keinginan bersama kelompok mahasiswa KKN lainnya yang ada di Kecamatan Kuala untuk menggelar peringatan 1 Muharram dengan melaksanakan perlombaan MTQ, perlombaan azan, bazar dan kegiatan lainnya. Khusus di Desa Beking terdapat 11 orang mahasiswa yang melaksanakan KKN dari Fakultas Pertanian, Teknik, Agama Islam, Kedokteran dan Fakultas Ekonomi. Rektor UISU langsung mengarahkkan agar mahasiswa mempersiapkan segala sesuatunya dan berkoordinasi dengan Dosen Pembimbinag Lapangan dan Koordinator Kecamatan.

Sementara itu, Wiyono selaku Kepala dusun V Desa Bekiung mengucapkan terimakasih karena desanya menjadi salah satu tujuan pelaksanaan KKNT Mahasiswa UISU. “Saya sendiri adalah alumni Fakultas Pertanian UISU. Kami melihat adik-adik disini sangat aktif dalam membantu warga dari perwujudan program-program mereka,”ujarnya. Kedepan, pihaknya berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan dalam bentuk program-program yang lain sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat di desa Bekiung.

Pada hari yang sama, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP juga mengunjungi Mahasiswa di desa Sidumulyo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. Rektor juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan mahasiswa dan perangkat desa. 10 Mahasiswa melakukan KKNT di Desa Sidumulyo berasal dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra (FS) dan Kedokteran.

Salah seorang warga Dusun 3 Desa Sidomulyo, Dewi ilhami mengaku beryukur dengan kehadiran mahasiswa KKN Tematik UISU. “Alhamdulillah dengan adanya anak-anak KKN di desa kami, dapat memotivasi anak-anak untuk belajar. Anak-anak KKN juga memberi pengaruh positif sehingga anak-anak di desa ini sering beribadah ke Masjid melakukan sholat berjamaah,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Mahasiswa KKNT Al Asyari Rangkuti dari Fakultas Agama Islam (FAI) mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan dari aparatur desa serta masyarakat yang menerima kehadiran mereka. Selama melaksanakan KKN Tematik ini, Al Asyari menjelaskan bahwa mereka rutin membantu petani kesawah untuk emlakukan penanaman timun, mengajar mengaji, melakukan cek kesehatan dan mengecek kesehatan ibu-ibu di posyandu. “Seperti melakukan cek tenanan darah, kolesterol, dan berat badan ,”tambah Andri Agustian dari Fakultas kedokteran. (*)

Tagged: | | | |

Author: