Rektor UISU Raih Anugrah Lencana Karya Tridharma Perguruan Tinggi

19 Aug 2021 Zakaria Siregar 27 Views


Reporter: Zakaria

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, dr. Abd. Harris Pane, SP.OG dan dr. Syaiful Batubara, M.Pd bersama Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Ibnu Hajar usai menerima penghargaan di Aula LLDikti Tanjung Sari Medan, Kamis (19/8). 

MEDAN-Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mendapat penganugrahan Tanda Kehormatan Lencana Karya Tri Dharma Perguruan Tinggi bersama 2 (dua) orang dosen Fakultas Kedokteran yakni dr. Abd. Harris Pane, SP.OG dan dr. Syaiful Batubara, M.Pd yang diserahkan Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Ibnu Hajar di Aula LLDikti Tanjung Sari Medan, Kamis (19/8).

Keputusan pemberian penganugrahan itu berdasarkan keputusan Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Nomor 446/L1/KK/2021 tanggal 30 Juli 2021 tentang penganugrahan Tanda Kehormatan Lencana Karya Tri Dharma perguruan Tinggi. 3 (tiga) dosen UISU mendapat penghargaan  untuk masa pengabdian 10 tahun bersama dosen-dosen dari PTS lain di LLDikti wilayah I.

Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Ibnu Hajar didampingi Sekretaris LLDikti Wilayah I Sumut Dr Mahriyuni M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa moment penyerahan penganugrahan ini merupakan hari yang luar biasa. “Secara fisik dan materi mungkin nilainya tidak seberapa, tetapi punya makna nilai simbolik yang  tidak terhingga,”ujar Prof. Ibnu.

Penganugrahan ini, lanjutnya, diberikan kepada orang-orang yang mempunyai komitmen, loyal dan pengabdian dalam konteks dunia pendidikan. “Inilah orang-orang yang telah berputih tulang , 10 tahun dan 20 tahun tanpa cela. Pemerintah percaya, bapak-bapak mampu menjadi duta bidang pendidikan untuk menjaga marwah pendidikan dan performa pendidikan tinggi di Sumatera Utara,”ucap Prof. Ibnu.

Dijelaskan Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Ibnu Hajar bahwa LLDikti tidak akan bisa bekerja maksimal dalam rangka mendorong kemajuan pendidikan tinggi di Sumatera Utara tanpa adanya partisipasi dan kontribusi dari perguruan tinggi. Dalam konteks ini, Prof Ibnu secara khusus mengajak seluruh penerima penghargaan untuk menjadi mitra LLDIkti sebagai teladan dan contoh. “Minimal untuk rumah sendiri guna mendorong dan mengangkat kawan di kampus masing-masing,”katanya.

Dikatakannya, orang-orang yang mendapat penghargaan pantas menjadi kawan LLDikti untuk membantu dan mendorong kampus-kampus menjadi lebih baik lagi guna meningkatkan performa perguruan tinggi. Contohnya dalam hal peningkatan peringkat akreditasi di perguruan tinggi. “Itulah harapan pemerintah. Sekali lagi atas nama LLdikti saya ucapkan selamat,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP usai menerima penghargaan mengatakan bahwa anugrah yang diberikan pemerintah melalui LLDikti harus menjadi pemicu semangat bagi seluruh dosen di lingkungan UISU untuk lebih baik lagi. Pemberian penghargaan, kata Rektor, harus juga diartikan sebagai salah satu bentuk tanggungjawab dan amanah untuk dapat berkiprah lebih baik lagi di bidang pendidikan.

Kepada seluruh dosen yang ada di lingkungan UISU, Rektor berharap untuk sama-sama meningkatkan komptensi sebagai tenaga pendidik dan melaksanakan tridharma perguruan tinggi UISU dan dakwah islamiyah secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan demikian, secara langsung akan berdampak kepada peningkatan performa perguruan tinggi, apalagi UISU mentargetkan menjadi PT unggul 2025 (*)

Author: