Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat melantik Dekan Fakultas Kedokteran UISU, dr. H. Indra Janis, MKT di Auditorium Fakultas Kedokteran Jalan STM Medan kemarin (24/9).

dr. Indra Janis, MKT. Dekan Kedokteran UISU

Medan, www.uisu.ac.id – Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menyerukan gerakan perubahan saat memberikan sambutan usai pengucapan sumpah janji sekaligus pelantikan Dekan Fakultas Kedokteran UISU, dr. H. Indra Janis, MKT menggantikan dr. H. Tri Makmur, Sp.S di Auditorium Fakultas Kedokteran Jalan STM Medan kemarin (24/9).

Gerakan perubahan yang dimaksud adalah melakukan upaya konkrit dalam rangka meningkatkan persentase kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) dan melakukan reakreditasi program studi pendidikan dan profesi kedokteran menuju peringkat akreditasi A.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Pembina Yayasan UISU, T. Hamdy Oesman Delikhan AlHajj, Ketua Umum Yayasan, Prof. Ismet Dahnial Nasution, drg serta pengurus yayasan lainnnya, Wakil-wakil Rektor, Ketua Lembaga dan Dekan di lingkungan UISU, alumni Fakultas Kedokteran UISU, dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Kedokteran UISU.

Masih menurut Rektor UISU, gerakan perubahan itu harus secepatnya dilakukan dekan Fakultas Kedokteran yang baru dilantik. Untuk itu, katanya, ada tiga syarat yang harus dipenuhi dalam menjalankan kepemimpinan di Fakultas Kedokteran. Ketiga hal yang dimaksu,yakni; tetap dalam teamwork, saling melengkapi bukan saling menyalahkan dan harus saling mengingatkan. Rektor UISU juga mengutip ayat alquran yang memerintahkan kepada umat muslim untuk saling mengingatkan. “Bukan saling menyalahkan,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor juga mengingatkan bahwa Undang-undang Pendidikan Kedokteran sudah mengatur tentang pendidikan kedokteran yang harus menjadi rujukan bagi Fakultas Kedokteran untuk melaksanakan proses pendidikan tinggi dibidang kedokteran. “Tujuannya untuk menghasilkan dokter yang professional dan memiliki kompetensi untuk memnuhi kebutuhan masyarakat Indonesia secara berkeadilan,”jelasnya.

Bagi UISU, katanya, adalah bagamana upaya Fakultas Kedokteran UISU menghasilkan dokter yang professional, memiliki kompetensi dan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman sesuai dengan visi dan misi UISU. Salah satu indikatornya, kata Rektor adalah persentasi kelulusan mahasiswa kedokteran yang mengikuti UKMPPD serta akreditasi program studi di Fakultas Kedokteran.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Dahnial Nasution, drg dalam sambutannya memberikan ilustrasi kepemimpinan seperti halnya berlari kencang. Menurutnya, berlari kencang adalah sesuatu yang baik dan harus dilakukan. “Tetapi harus sesuai dengan koridor, tetap memperhatikan peraturan dan etika,”katanya. (humas)

kontributor/redaktur : zakaria

foto: mashudi