STAI UISU Pematangsiantar Meluluskan 148 Mahasiswa

14 Oct 2022 Indah 170 Views


Reporter: Indah

Foto bersama Pengurus Yayasan UISU dengan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP serta tamu undangan Wisuda STAI UISU Pematangsiantar.

 

Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematangsiantar menggelar wisuda 131 lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 17 lulusan Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) Rabu (12/10/2022) di Convention Hall, Siantar Hotel.

Dalam kegiatan ini hadir, Ketua Umum Yayasan Universitas Islam Suamtera Utara (UISU) Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K)., FICD., Ketua Pembina Yayasan UISU T. Hamdy Oesman Delikhan Al Haj yang juga bergelar Raja Muda Deli, beserta anggota pembina, Ir. H. Rizal Fahmi Nasution dan Ir. Hj. Susi Khairunisa, Ketua Pengawas Yayasan UISU, H. Sofyan SH, Rektor UISU Dr. Yanhar Jamaluddin MAP, Badan Perwakilan UISU Hj. Dewi Kirana SE, MM.

Kegiatan ini juga diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan, Dr. Zulkarnain Nasution, MA. Dalam orasi ilmiahnya, Dr Zulkarnain Nasution, yang juga hadir mewakili kepertis wilayah IX Sumut menekankan pentingnya Moderasi Karakter Asli Agama Islam.

“Agama Islam bukan hanya menerima moderasi, melainkan menganjurkan umatnya untuk mengadopsinya dan menjadikannya sebagai jalan hidup. Umat Islam ditandai langsung oleh Al-Quran dengan tanda kualitas demokrasi yang mesti dipelihara dan dipertontonkan nyata ke masyarakat dunia. Oleh sebab itu, moderasi harus menjadi pilihan umat Islam yang tidak bisa ditawar lagi dan tidak patut dibarter dengan tanda kualitas lainnya,” ujar Dr. Zulkarnain dalam orasinya.

Dalam sambutannya, Ketua STAI UISU Saleh Adri S.Ag. MA, dalam kesempatan ini berpesan kepada semua lulusan untuk bisa memberi manfaat baik untuk pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. “Atas nama Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematangsiantar kami mengucapkan selamat dan sukses atas diwisudanya saudara sebagai bukti saudara telah berhasil dalam perjuangan untuk meraih gelar kesarjanaan. Setelah wisuda bukan berarti selesai tugas belajar, lanjutkan perkuliahan ke jenjang yang lebih tinggi, S-2 maupun S-3 karena ke depan tantangan akan lebih berat dan kompleks,” tegasnya.

Selain itu, Ketua STAI UISU Siantar juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua wisudawan/wati atas kepercayaan yang diberikan kepada Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematangsiantar sebagai tempat untuk berkuliah dan menuntut ilmu. “Tentu kerpercayaan ini kami harapkan terus berlanjut di masa-masa akan datang,” harapnya.

Sedangkan perwakilan wisudawan, Wanika mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu melewati lika-liku kehidupan sebagai mahasiswa.

“Kepada Ketua STAI UISU Pematang Siantar, beserta para wakilnya, pada KaProdi, staff dan karyawan, serta bapak ibu dosen STAI UISU Pematang Siantar yang telah memberikan kami berbagai ilmu pengetahuan dan berbagai pembelajaran. kepada seluruh Civitas Akademika STAI UISU Pematang Siantar. Terima kasih yang setulus tulusnya atas pelayanan, atas ilmu, dan atas pengalaman yang telah kami dapat selama menjadi mahasiswa. Semoga apa yang telah bapak dan ibu berikan kepada kami selama ini menjadi amal yang baik, yang diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semoga wisuda ini dapat menjadi hadiah kecil yang dapat kami persembahkan untuk membalas cinta dan kasih sayang bapak dan ibu yang begitu luar biasa besarnya yang telah tercurah menahun kepada kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Nasution yang juga bergelar Datuk Cendikia Laksmanaraja mengaku bahagia dan terharu menyaksikan hasil sumbangsih 5 pejuang yang juga pendiri UISU dalam wisuda STAI UISU Pematangsiantar ini. “Atas nama Yayasan UISU dan pribadi izinkan saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh Pengurus STAI UISU asta dedikasi dan komitmen memenuhi amanah yang sudah diterima hingga mampu melahirkan lulusan yang berkualitas dan berguna bagi bangsa dan negara,” ujar Prof. Ismet.

Kepada para wisudawan, Prof. Ismet berpesan untuk menikmati keberhasilan menyelesaikan pendidikan tanpa mengesampingkan peran serta dari banyak pihak seperti orangtua, para dosen, staf STAI UISU Siantar, para mahasiswa dan pihak lainnya. “Ini semua tak lepas dari ridho Allah SWT, untuk itu kalian harus memiliki kesadaran untuk tetap bersyukur baik disaat bahagia maupun susah. Jadilah insan berilmu dan beramal ditengah masyarakat. Jadilah duta UISU yang berakhlak serta mampu menjunjung tinggi marwah UISU dimana pun berada,” pesannya.

Terakhir, Prof. Ismet berpesan kepada semua komponen UISU untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan agar terus bisa bersama membangun kesatuan melanjutkan cita-cita para pendiri universitas swasta tertua di Indonesia ini.

Turut hadir mendampingi Ketum Yayasan UISU, Sekum Ir. Indra Gunawan MP, Bendahara Umum, Ir. Armansyah MT, serta pengurus lainnya, seperti Dr. H. Danialsyah, SH,. MH, Ir. H. Saiful Jihad. ST, Prof. Dr. H Assad, M.si, H. Ikrom Helmi Nasution SH dan Tengku Arief Hasan Delikhan, S.Sos. ( )

Tagged: | |

Author: