Teknik Informatika UISU Raih Peringkat B

01 Oct 2020 Zakaria Siregar 78 Views


Reproter, Sudaryanto

Gambar screenshot saat pelaksanaan asesmen daring Prodi Teknik Informatika saat Dekan Fakultas Teknik UISU, Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT bersama Tim Asesor BAN PT 21-22 September lalu. (ft/sudaryanto)

 

UISU – Dekan Fakultas Teknik UISU, Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT bersyukur atas perolehan peringkat B untuk akreditasi Program Teknik Informatika Fakultas Teknik UISU. “Hasil ini menjadi penambah semangat dan motivasi bagi kami untuk dapat bekerja lebih baik,”kata Haris usai mendapatkan salinan sertifikat akreditasi kemarin (30/9) didampingi Wakil Dekan bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Ir. Muksin R. Harahap, MT, Wakil Dekan bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Ir.Hj.Darlina Tanjung,MT, dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan, Ir. Bonar Harahap, MT.

Menurut Dekan Fakulas Teknik ini, hasil peringkat B yang diperoleh Prodi Teknik Informatika merupakan kerja keras dan kerja bersama seluruh pimpinan dan civitas akademika. “Termasuk dukungan universitas, alumni dan mahasiswa,”katanya. Terlebih proses penyusunan borang akreditasi dan pelaksanaan asesmen berlangsung secara daring di tengah pandemi covid saat ini. “Tentu ini menjadi pengalaman tersendiri bagi kami bagaimana mengikuti pelaksanaan asesmen daring sesuai dengan petunjuk dari asesor,”katanya.

Metode daring untuk pelaksanaan asesmen, menurutnya membutuhkan kreatifitas tim borang akan akan berhadapan langsung dengan asesor. Salah satunya kesiapan file-file yang dibutuhkan dalam bentuk softcopy, termasuk dalam bentuk audiovisual. Adapun  asesor BAN PT yang melaksnakan asesmen secara daring yakni Fahren Bukhari, Dr.Ir. M.Sc dari Institut Pertanian Bogor dan Tubagus Maulana Kusuma, Dr. SKom., M.Eng.Sc dari Universitas Gunadarma selama 2 hari (21-22 September 2020).

Kemarin, kata Haris, pihaknya sudah mendapat informasi bahwa hasil pelaksanaan asesmen daring Prodi Teknik Informatik mendapat nilai 322 dengan peringkat B. “Tadi kita sudah mendapat salinan asli sertitikat kareditasi,”katanya. Dalam sertifikat akreditasi itu tertulis bahwa program studi Teknik Informatika pada Program Sarjana UISU  memenuhi syarat peringkat  Akreditasi B terhitung sejak tanggal 29 September 2020 hingga 29 September 2025.

Hal yang lebih menggembirakan lagi, menurut Haris bahwa hasil pelaksanaan asesmen lapangan ini terjadi pada saat yang bersamaan dengan tahun ajaran baru 2020/2021. “Hal ini menjadi motivasi yang luar biasa bagi seluruh civitas akademika di Fakultas Teknik UISU yang saat ini juga tengah menunggu informasi pelaksanaan asesemen lapangan untuk Prodi Teknik Elektro. Sebeb, lanjutnya, peringkat akreditasi menjadi salah satu tolak ukur kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan institusi di Lembaga Pendidikan. “Terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja dan dukungan seluruh keluarga besar fakultas Teknik UISU,”ucapnya.  

Terkait hal itu, Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT berharap kepada calon mahasiswa baru TA 2020/2021 yang sudah melakukan proses pendaftaran untuk sefera melengkapi berkas dan administrasi untuk mengikuti perkuliahan perdana tanggal 12 Oktober 2020. “Untuk PKKMB kita laksnakan tanggal 5 hingga 7 Oktober pekan depan,”jelasnya. (***)

Tagged: | | |

Author: