UISU dan Kemendikbud Tandatangani Kerjasama Pelaksanaan PPG di Bali

18 Apr 2021 Zakaria Siregar 74 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Ketua Tim Pelaksana PPG UISU Dr. Liesna Andriany, MPd saat menjadi pemateri dalam kegiatan diseminasi PPG Bahasan dan Sastra Indonesia di Ruang Yudisium FKIP UISU beberapa waktu lalu. (biro/asrol)

 

UISU – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menandatangani Perjanjian Kerjasama untuk pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG). UISU menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang terpilih untuk melaksanakan PPG dalam jabatan tahun 2021. Demikian disampaikan Ketua Tim Pelaksana PPG UISU Dr. Liesna Andriany, MPd yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah kepada wartawan kemarin.

Dikatakan Dr. Liesna bahwa saat ini sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan pemerintah bahwa para peserta PPG dalam proses pendalaman materi hingga 26 April mendatang. “Kuota yang diberikan kepada kita sebanyak 70 peserta dari seluruh Indonesia,”jelas Dr. Liesna Andriany, M.Pd. sembari menambahkan bahwa hanya 75 Perguruan Tinggi se Indonesia yang mendapat kepercayaan pemerintah melaksanakan PPG salah satunya adalah UISU.

Dijelaskannya bahwa kepastian terpilihnya UISU sebagai perguruan tinggi pelaksanaan PPG itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Dr. Iwan Syahril, Ph.D. dengan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat Kegiatan Rakor dan Penandatangani MoU PPG dalam jabatan tahun 2021 di Denpasar Bali 5 hingga 7 April lalu dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Kerjasasama antara Pokja Pendidkan Profesi Guru Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud dengan Ketua Tim Pelaksana PPG UISU Dr. Liesna Andriany, MPd.

Pada kesempatan terpisah Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengatakan bahwa kepercayaan pemerintah terhadap UISU  dalam pelaksanaan PPG merupakan bukti bahwa UISU menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang diperhitungkan secara nasional dan mampu menjadi mitra pemerintah pusat. “Alhamdulillah, ini murupakan prestasi sekaligus menjadi motivasi buat seluruh civitas akademika UISU untuk bekerja lebih giat lagi dalam rangka pencapaian visi UISU menjadi perguruan tinggi yang islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT,” ujar Rektor.

Khusus untuk Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UISU, lanjut Rektor, kepercayaan sebagai pelaksanaan PPG itu merupakan sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap eksistensi FKIP yang menjadi pelaksana PPG. Rektor berharap, pelaksanaan PPG dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Selain itu, kata Rektor, bahwa Senat Universitas juga dalam rapat Senat yang digelar beberapa waktu lalu menggelar rapat Pertimbangan Senat Universitas terkait Penilaian dan Rekomendasi Persetujuan Pembukaan Program Studi PPG FKIP UISU yang dihadiri anggota Senat Universitas dan Dekan FKIP UISU Prof. Hasrita Lubis M.Pd.

Masih menurut Ketua Tim Pelaksana PPG UISU Dr. Liesna Andriany, MPd, bahwa pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2021 akan dilaksanakan 4 angkatan,” ujar Dr. Liesna. Pihaknya berharap, pelaksanaan PPG akan berjalan dengan sukses. Tanpa kedala apapun juga. “Ini kesempatan khususnya untuk FKIP menjadi mitra kemendikbud dalam berkontribusi terhadap dunia Pendidikan di Indonesia,”ucapnya. (***)

Tagged: | | | |

Author: