UISU dan UNMUHA Tandatangani MoU

17 Feb 2021 Zakaria Siregar 278 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA menandatanganai MoU didampingi Wakil Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA dan Kepala KUI dan Kerjasama Unmuha Febyolla Presilawati, SE. MM. di Auditorium UISU kemarin (16/2). (biro/asrol)

 

UISU – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) sepakat untuk melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memrondum of understanding) di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (16/2). Naskah MoU ditandatangani Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA dengan disaksikan pimpinan dan civitas akademika kedua perguruan tinggi.

Hadir Wakil Rektor UISU Bidang  Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Tata Kelola, Zufrizal SE, Ak, CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS, MA.

Sementara itu dari Unmuha hadir Wakil Rektor II Almanar, SH. MH, Wakil Rektor III Ir. M. Zardan Araby. MT, Ketua Badan Penjaminan Mutu Dr. Suyanta, MAg serta para dekan di lingkungan Unmuha

Rektor Unmuha yang berkunjungan ke UISU kemarin hadir bersama wakil-wakil Rektor, Dekan dan Kepala Biro di lingkungan Unmuha. Sementara itu, Rektor UISU yang menerima kunjungan didampingi seluruh Wakil Rektor, Ketua Lembaga dan Dekan di lingkungan UISU serta Kepala Biro dan Unit Pelaksanakan Teknis.

Dalam sambutannya, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menjelaskan tentang UISU. “Kampus UISU ini adalah milik umat,”kata Rektor sembari menjelaskan sejarah berdirinya UISU. Dijelaskan Rektor bahwa UISU lahir dan diprakarsai oleh 5 (lima) orang pendiri dan dibantu sepenuhnya oleh pemerintah yang ada saat itu serta kesultanan Deli.

Pada kesempatan itu, Rektor UISU juga berkesempatan memperkenalkan seluruh pimpinan UISU yang hadir. Pihaknya berharap, kunjungan sekaligus penandatanganan nota kesefahaman antara UISU dan Unmuha dapat menjadi titik awal kerjasama dan kolaborasi antara kedua perguruan tinggi. Terlebih, konsep Kampus Merdeka, Merdeka Belajar memang menuntut perguruan tinggi untuk dapat berkolaborasi dan bekerjasama.

Kegiatan kunjungan Unmuha ke kampus UISU itu diawali dengan pemutaran video profile masing-masing perguruan tinggi dan dilanjutkan dengan sambutan kedua pimpinan perguruan tinggi serta penandatanganan nota kesepahaman.

Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika UISU yang telah bersedia menerima kunjungan sekaligus melakukan penandatangan nota kesepahaman. Dikatakannya, selama ini pihaknya hanya mendengar tentang UISU dan sekarang langsung hadir di kampus UISU dan langsung diterima Rektor serta seluruh pimpinan di lingkungan UISU sekaligus menandatangani MoU.

Sementara itu, ruang lingkup nota kesepahaman yang sepakati kedua belah pihak yakni terkait penguatan dan peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi, peningkatakan kompetensi dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian, perencanaan [engembangan sumber daya manusia, pertukaran mahasiswa, magang atau praktik kerja, penelitian, pengembangan, peningkatan dan penguatan dakwah islamiyah dan bentuk-bentuk lain yang dianggap perlu. Usai penandatangan MoU, acara dilanjutkan dengan penyerahan naskah MoU serta pemberian plakat dari kedua pimpinan perguruan tinggi serta di akhiri dengan sesi foto bersama. (***)

 

 

Tagged: | | |

Author: