UISU Gelar Sosialisasi Scholarship For Scholar

03 Jun 2022 Zakaria Siregar 56 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Warjio Ph.D menyampaikan sosialisasi Program Scholarship For Scholar kepada dosen-dosen di lingkungan UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan Jumat (3/6) dalam rangka memberikan motivasi untuk memperoleh beasiswa dari luar negeri. (biro/asrol)

 

Teks Foto

Warjio Ph.D menyampaikan sosialisasi Program Scholarship For Scholar kepada dosen-dosen di lingkungan UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan Jumat (3/6) dalam rangka memberikan motivasi untuk memperoleh beasiswa dari luar negeri.

 

UISU – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mengadakan Sosialisasi Program Scholarship For Scholar bersama Dosen Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Warjio,Ph.D di Auditorium UISU Jalan Sisingamangaraja Medan, Jum’at (3/6). Kegiatan itu dihadiri Rektor UISU Dr.H.Yanhar Jamaluddin, M.A.P, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr.Liesna Andriany, MPd, WR  Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola Zufrizal SE, Ak.CA,MBA,MAFIS , WR Bidang Kemahasiswaaan, Alumni dan Kewirausahaan, Ahmad Bakhori,ST,MT WR Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang  Suhendi,SS, MA.

Saat memberikan sambutannya, Rektor UISU mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi program Scholarship For Scholar adalah upaya untuk meningkatkan wawasan sekaligus menumbuhkan minat dalam upaya meningkatkan kualitas dosen di lingkungan UISU. Terkait itu, katanya, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah ketersediaan anggaran untuk meningkatkan jabatan fungsional dan juga jenjang pendidikan para Dosen.

“Dalam upaya untuk mencapai UISU unggul maka sangat penting bagaimana dosen-dosen kita dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S3,”jelasnya. Untuk itu, katanya, kegiatan kali ini sangat berguna sebagai sharing pengalaman untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada dosen-dosen muda tentang ketersediaan beasiswa di dalam dan luar negeri. Sebab itulah, pihaknya mengundang pemateri Warjio Ph.D yang juga dosen USU untuk berbagi pengalaman.

Warjio,PhD dalam paparannya kepada dosen-dosen di lingkungan UISU menjelaskan bahwa scholarship merupakan sejenis beasiswa dan dana siswa berupa bantuan uang ataupun tunjangan hidup dalam masa dan proses belajar. “Dan scholarship juga diadakan universitas tertentu untuk menjalani program pertukaran pelajar dari universitas lain untuk memajukan Universitas tersebut,”jelasnya.

Kepada seluruh peserta sosialisasi, Warjio mengingatkan untuk tidak ragu-ragu memulai sesuatu yang kita belum tahu. “Jangan segan untuk memulai sesuatu yang barang kali kita belum banyak tahu. Sering-seringlah mengeksplor terkait dengan bidang-bidang Kita,”ucapnya. Warjio meyakinkan bahwa semakin sering kita berlatih pasti akan membuahkan hasil. “Saya yakin dan percaya bahwa UISU akan menjadi universitas yang terbaik, bukan hanya di Sumatera Utara melainkan diseluruh Indonesia,” ujar Warjio, Ph.D yang juga Dosen Fakultas Ilmu Politik USU.

Secara pribadi, Warjio pernah mendapatkan beasiswa, diantaranya; dari Dikti pada tahun 1996, SEARSREP (Philliphina)  ke Vietnam pada tahun 2013, RUT (Malaysia)  ke Amerika serikat, beasiswa dari Pemprovsu ke Prancis tahun 2015, beasiswa dari Qatar Foundation pada tahun 2015, SUSI FOR SCHOLARS, U.S Foreign policy 2022 serta dari  DIKTI ke Australia pada tahun 2002.

Warjio juga mengatakan bahwa banyak Negara atau lembaga yang sampai saat ini masih konsisten memberikan beasiswa di Indonesia. Diantaranya, Jepang ( Monbukagakusho ), Australia ( ADS ). Inggris ( Chevening Award , USA  (Fulbright , Ford Foundation ), New Zealand ( NZAID / NZIDRS ) dan lemnbaga IDB , ADB , Ford Foundation / IFP , USAID  serta lembaga lainnya. (***)

Tagged: | | | |

Author: