UISU Jadikan Pematang Kuala Sebagai Desa Mitra

29 Sep 2020 Abdul Rasyid 38 Views


Reporter : Sri Alfridayanti

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin M.AP memegang berkas penandatangani MoU antara UISU dengan Desa Pematang Kuala yang disaksikan oleh Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si. (foto:Sri Alfridayanti)

UISU –Mahasiswa  Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menjadikan Desa Pematang Kuala terletak di Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai sebagai Desa Mitra. Sekaligus sebagai tempat pelaksanaan Program Holistik Pengembangan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020.

Kegiatan dilakukan mahasiswa UISU itu terdiri dari pembuatan pagar bambu sebagai pemecah ombak serta penanaman bibit bakau di bibir laut Desa Pematang Kuala ini, kata Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin M.AP  di Kantor Desa Pematang Kuala pada Sabtu (26/09/20).

Hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT , Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS. MA, Dekan FKIP UISU, Prof. Dr Hasrita Lubis, pimpinan FKIP UISU dan dosen-dosen serta didampingi juga oleh Pandu Prabowo M.Pd.

Dari perangkat pemerintah setempat hadir Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kepala Desa Pematang Tualang Ramlan dan Kepala Dusun V Herman serta tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

“Melalui program PHP2D ini, kita bisa membantu mengembangkan potensi desa ini untuk terus dikembangkan dan dibina. Kita tidak ingin menyebut sebagai desa binaan. Kita menyebutnya desa mitra UISU. Karena sebagai mitra, kedudukan antara Desa Pematang Kuala dan UISU itu sejajar. Kita bisa saling melengkapi dan saling mengisi. Itu sebenarnya tujuan kita kenapa dijadikannya desa ini sebagai mitra”, ujar Dr. H. Yanhar Jamaluddin M.AP

Menurut Pandu Prabowo M.Pd sebagai dosen pendamping dalam program ini, dipilihnya desa pematang kuala sebagai tempat pelaksanaan program PHP2D ini karena respon yang diberikan masyarakat desa ini sangat baik. Masyarakat Desa Pematang Kuala sendiri menyambut dengan baik program ini.

“Kita sebelumnya sudah ke daerah lain, namun kita melihat masyarakat desanya kurang rensponsif menerima program kita ini. Tetapi masyarakat Desa Pematang Kuala khusunya warga dusun V kita lihat mereka responsif. Kita pilihlah desa ini. Selain itu, ada juga alumni kita di desa ini. Dia yang jadi konektor antara saya dan kita dengan pak camat dan pak kades”, kata Pandu

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadikan hubungan antara pihak desa Pematang Kuala dengan UISU semakin terjalin dengan baik. Dengan adanya desa mitra UISU ini juga bisa saling mengisi dan melengkapi antara UISU dengan Desa Pematang Kuala.

Rektor UISU juga berharap bahwa dengan kerja sama ini, baik UISU maupun Desa Pematang Kuala bisa sama-sama memberi manfaat. Seperti bagi UISU desa ini bisa dijadikan laboratorium pendidikan, sosial, pertanian.

Bagi Desa Pematang Kuala sendiri Rektor UISU juga berharap bahwa UISU bisa dijadikan institusi pembelajaran bagi masyarakat baik dalam bidang pendidikan, pertanian, perikanan, ekonomi maupun sosial.

 

Tagged:

Author: