Rektor: Evaluasi Mata Kuliah Kewirausahaan

Medan, www.uisu.ac.id-Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP meminta seluruh jajaran dekan di lingkungan UISU untuk melakukan evaluasi terhadap mata kuliah  kewirausahaan disetiap fakultas. agar benar-benar memberi manfaat bagi mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara serta masyarakat luas. Hal itu disampaikan Rektor saat memberikan sambutan pada kegiatan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara UISU dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di ruang Yudisium Fakultas Ekonomi UISU Jalan SM Raja Medan Jumat (6/9).

Dalam kegiatan yang dilanjutkan dengan kuliah umum tentang peran Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) oleh Direktur Pendidikan KNKS, Dr Sutan Emir Hidayat, SP, MBA dihadiri Bendahara Umum Yayasan UISU, Ir. Armansyah, MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS, MA, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Safrida, SE pada Wakil Dekan, Dosen Fakultas Ekonomi dan dosen dari beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Medan lainnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UISU mengatakan bahwa selama ini mata kuliah kewirausahaan di UISU hanya mencakup 1 semester. Kedepan, katanya, harus dilakukan evaluasi akademik agar mata kuliah kewirausahaan menjadi dua semester. “Mata kuliah kewirausahaan sudah harus menjadi dua semester, tidak bisa lagi cuma satu semester saja di semester tiga,”kata Rektor UISU.

Namun, Rektor UISU mengingatkan agar mata kuliah kewirausahaan yang diajarkan kepada mahasiswa tetap yang berorientasi syariah dengan pendekatan keislaman. Sebab itu, kata Rektor UISU, moment kerjasama dan kuliah umum yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi kali ini menjadi moment penting. Ditegaskannya, bahwa kegiatan ini bagian dari proses internalisasi nilai-nilai keislaman yang menjadi ciri khas UISU.

Dr. Yanhar juga mengatakan bahwa saat ini label syariah sudah menjadi trend di mana-mana karena memang memberi manfaat besar bagi manusia. “Program pengembangan keilmuan berbasis syariah termasuk ilmu ekonomi adalah penting bagi UISU,”ujarnya.

Pihaknya berharap agar kerjasama Fakultas Ekonomi dengan KNKS dapat menjadi pilot proyek dan masterplan yang pada akhir dapat memposisikan UISU sebagai perguruan tinggi yang mampu memberikan sumbangsih keilmuan dalam ekonomi syariah bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Pada kesempatan yang sama, Rektor juga menyatakan rasa bangganya karena banyak proposal karya ilmiah mahasiswa UISU yang membanggakan dah berhasil memperoleh dana hibah UMKM dari kementrian Ristek Dikti.

Sementara itu, Direktur Pendidikan KNKS, Dr Sutan Emir Hidayat menegaskan bahwa ekonomi syariah sekarang ini sudah menjadi trend di berbagai dunia, bukan saja menyangkut perbankan tetapi juga dalam bidang pariwisata. Di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini, pemerintah memerlukan upaya strategis guna mendorong perekonomian nasional lebih cepat. Salah satu yang dianggap potensial adalah mengembangkan ekonomi syariah. (humas)

kontributor : rasyid

redaktur : zakaria