UISU Peringati Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW

20 Mar 2021 Zakaria Siregar 134 Views


Reporter: Zakaria Siregar

1. Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP memberikan kata sambutan dalam peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, kemarin (20/3). (biro/asrol)

 

UISU – Meski dalam situasi pandemic covid19, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) tetap konsisten melaksanakan peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW. Kemarin (20/3), kegiatan itu dilaksanakan secara virtual dan tatap muka dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan.

Pembina Yayasan UISU, Pengurus Yayasan UISU, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Wakil-wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, Ketua Prodi dan beberapa perwakilan mahasiswa hadir langsung dalam peringatan itu. Sedangkan civitas akademika UISU lainnya mengikuti kegiatan Israk Mikraj secara virtual yang ditayarkan secara langsung melalui akun youtube humas UISU.

Rektor UISU dalam sambutannya mengutip ayat al-Quran surat Al-anfal ayat 2 hingga 4 tentang ciri-ciri orang beriman. Diuraikan Rektor bahwa beberapa ciri orang beriman diantaranya adalah bertambah imannya ketika dibaca Ayat al-Quran, bertawakkal hanya kepada Allah dan gemar berinfaq di jalan Allah. Hal itu, kata Rektor, sangat relevan dengan tema peringatan Israk Mikraj 1442 H kali ini yaitu Urgensi Israk Mikraj bagi peningkatan Keimanan.

Untuk itu, Rektor mengajak kepada seluruh civitas akademika UISU untuk benar-benar mengikuti  dan memahami serta mengimplementasikan apa yang menjadi materi ceramah dalam peringatan Israk Mikraj kali ini dalam menjalankan tugas dan tangungjawab kita sesuai peran masing-masing di UISU dan di tengah-tengah masyarakat. “Mulai dari jajaran pimpinan Yayasan, Universitas, Lembaga, Fakultas Dosen, Pegawai dan mahasiswa pasti punya peran dan tugas masing-masing, maka disitulah adalah tanggungjawab,”ujarnya.

Masih menurut Rektor, salah satu yang masih perlu menjadi perhatian saat ini adalah bagaimana meningkatakn sense of responsibility. “Jika diamati keseluruhan aktivitas kita bangga karena kecintaan dan sense belongging terhadap UISU tinggi, tapi yg belum adalah sense of responsibility, semangat yang sama dalam mengemban tanggungjawab,”ucapnya. Pihaknya berharap moment peringatan Israk Mikraj kali ini menjadi moment bersama untuk melakukan evaluasi dan instrospeksi. Rektor juga mengucapkan terimakasih atas kesediaan dan kehadiran Ustadz H. Abdul Latif Khan S.Ag untuk memberikan tausiyah dalam peringatan Israk Mikraj UISU kali ini.

Dalam tausiyahnya, H. Abdul Latif Khan banyak memberikan motivasi dan semngat kepada seluruh civitas akademika UISU untuk sama-sama membangun dan memajukan UISU. “Islam  tidak mengajari kita untuk stagnan, Jika hari ini sama sama dengan kemarin itu artinya kita merugi, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Itu teori Islam,”ucapnya.

Terkait peringatan Israk Mikraj, H. Abdul Latif Khan mengungkap kehebatan dan rahasia sholat 5 waktu yang menjadi salah kewajiban orang-orang yang beriman. Menurutnya, rahasia terbesar sholat adalah fasilitas dan ketidakberdayaan kita dihadapan Allah agar Allah memberikan segala kemudahan dalam kehidupan kita.

Abdul Latif Khan juga mengatakan bahwa peristiwa Israk Mikraj dan sholat merupakan pembuktian kekuatan bahwa sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dikataknnya, sejarah peperangan dalam Islam membuktikan bahwa pasukan Islam yang jumlah sedikit mampu menghadapi pasukan yang berjumlah lebih banyak dalam berbagai peristiwa peperangan. (***)

 

Tagged: | |

Author: