UISU Tambah Dua Profesor

31 Oct 2021 Zakaria Siregar 159 Views


Reporter: Zakaria Siregar

GURU BE

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara Prof. Ibnu Hajar MSi, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama seluruh pimpinan foto bersama, Jumat (29/10). (biro/asrol)

 

Prof. Ibnu Hajar: Akademisi Harus Memberikan Manfaat dan Kontribusi

UISU – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) kembali menorehkan prestasi, dua dosen UISU secara resmi berhak menyandang gelar professor setelah menerima Surat Keputusan Pengangkatan Guru Besar dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim yang diserahkan Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara Prof. Ibnu Hajar MSi Jumat (29/10). Penyerahan SK Guru Besar yang berlangsung di Aula LLDikti Jalan Sempurna Tanjung Sari Medan dan disampaikan Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara kepada Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP yang selanjutnya diserahkan kepada dosen bersangkutan.

Dua dosen yang menerima SK Pengangaktan sebagai Guru Besar itu yakni Dr. Umar  Zein dari Fakultas Kedokteran dan Dr. Nuzwaty dari Fakultas Sastra. Penyerahan SK itu juga dihadiri Pengurus Yayasan UISU yang diwakili Prof. Dr. Ir. Mhd Asaad, MSi, tampak juga pejabat struktural yang ada di lingkungan LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara.

 

Selain itu ikut menyaksikan seluruh Wakil Rektor UISU yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola Zufrizal SE, Ak, CA, MBA MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaa Ahmad Bakhori, ST. MT dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara, Prof. Ibnu Hajar, MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa akademisi harus mempu memberikan manfaat dan berkontribusi untuk masyarakat dan institusi. Terlebih akademisi yang telah level tertinggi sebagai Guru  Besar harus mampu memberikan manfaat dan kontribusinya agar masyarakat dan institusi mampu merasakan kehadiran para akademisi.

Pihaknya menganalogikan bahwa, akademisi harus mampu menjadi menara air dan jangan menjadi menara gading yang keliatan mewah tetap jauh dari masyarakat dan institusi. Menara air, katanya, dimanapun berada selalu mampu mengalirkan air atau memberikan manfaat untuk masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LLDikti Wilayah menegaskan komitmennya untuk mendorong peningkatan kinerja lembaga perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah 1 menuju Perguruan Tinggi Unggul. Salah satunya dengan mendorong percepatan peningkatan jabatan dan kepangkatan tenaga akademik. Sebab salah satu barometer akreditasi menuju Perguruan Tinggi Unggul adalah persoalan tenaga akademik. Karena itu, katanya, penyerahan SK Guru Besar kali ini menjadi sangat penting untuk memotivasi dosen-dosen lain agar meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri dengan cara meningkatkan jenjang pendidikan dan mengurus kenaikan pangkat dan jabatan fungsional secara berkala.sehingga berdampak kepada yang berangkutan dan institusi. “Hadirnya 2 Guru Besar ini akan memperkuat kinerja UISU,”ucapnya.

Sementara itu, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan penyerahan SK Guru Besar ini menambah semangat dan motivasi bagi UISU. Saat ini, katanya, UISU telah memiliki 13 Guru Besar yang tersebar di 4 (empat) Fakultas yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, Fakultas Kedoktran dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan.

Pihaknya yakin dengan adanya tim percepatan kepangkatan di UISU akan mendorong seluruh dosen di lingkungan UISU untuk pengurusan kenaikan kepangkatan dan jabatan fungsional dosen. Rektor UISU juga mengucapkan selama kepada Dr. Umar Zein dan Dr. Nuzwaty yang telah berhasil menjadi guru besar di UISU. (***)

 

Tagged: | | | |

Author: