UISU Teken MoU Bersama IAIN Langsa dan AlMuslim Bireuen

07 Feb 2022 Zakaria Siregar 678 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor Universitas AlMuslim Bireuen Dr. Marwan M.Pd bersama seluruh pimpinan foto bersama usai penandatanganan kerjasama di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Kamis (3/2). (biro/asrol)

 

UISU – Dalam rangka implementasi Tridharma perguruan tinggi dan dakwah Islamiyah, Universitas Islam Sumatera Utara menandatangani nota kesefahaman antara Institut Agama Islam Negeri 9IAIN) Langsa dan Universitas AlMuslim Bireuen. Kegiatan penandatanganan itu dilakukan secara terpisah pada hari yang berbeda.

Rabu (2/2), Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menandatangani MoU dengan Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri. MA di ruang serbaguna UISU Jalan SM Raja Medan. Hadir dalam kegiatan itu Wakil Rektor Bidang STK Zufrizal SE, Ak, CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang KSI Andang Suhendi, SS. MA. Sementara itu dari IAIN Langsa, hadir diantaranya Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan. Lc.MA (Warek 1), Dr. H. Zulkarnaini. MA (Direkrur PPs), Dr. Zubir.MA (Wadir) dan Dr. Muhaini. MA serta Mawardi. M.SI. Selain penandatanganan MoU juga dilakukan penandatangan MoA Program Pasca Sarjana IAIN Langsa dengan Fakultas Ekonomi UISU.

Selanjutnya, Kamis (3/2), Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menandatangani MoU dengan Rektor Universitas AlMuslim Bireuen Dr. Marwan M.Pd di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan,. Ikut hadir dari Universitas AlMuslim Biruen Sonny M. Ikhsan Mangkuwinata SE (Wakil Rektor II), Elfiana SP, M.Si Dekan Fakultas Pertanian), Rahmad, S.Sos, MAP (Dekan Fisip), Dr. Romaynoor Ismi, ST, MT, IP (Dekan Fakultas Teknik), Dr. Sri Wahyuni, M.Si (Dekan Fakultas EKonomi) beserta pejabat lainnya. Sementara itu dari UISU hadir Wakil Rektor Bidang ADI Dr. Liesna Andriany, Wakil Rektor Bidang STK Zufrizal SE, Ak, CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang KAK Ahmad Bakhori, ST. MT Wakil dan Rektor Bidang KSI Andang Suhendi, SS. MA serta jajaran dekan di lingkungan UISU. Selain penandatanganan MoU antara kedua pimpinan institusi juga dilanjutkan penandatangan perjanjian kerjasama (MoA) antar fakultas yang ada di lingkungan UISU dan Universitas AlMuslim.

Dr. Marwan,MPd pada kesempatan itu mengatakan penandatanganan MoU dan MoA merupakan hal yang sangat penting karena perguruan tinggi harus dapat memerankan fungsinya guna menghasilkan sumber daya yang adaptif terhadap kebutuhan, tuntutan, dan tren yang terjadi pada saat ini. “Semoga nanti kita bisa bertindak maju dengan apa yang kita lakukan. UISU sendiri telah ada kurikulum menyangkut program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) nanti kita bisa melakukan penyebaran mahasiswa. ataupun nanti bagi para mahasiswa atau dosen bisa melakukan riset bersama,” ujar Rektor Universitas AlMuslim Bireuen, Dr. Marwan,MPd.

Bagi kedua perguruan tinggi, Universitas Islam Sumatera Utara merupakan salah satu kampus rujukan karena merupakan kampus yang pertama hadir di luar pulau jawa pada tahun 1952 lalu. Harapannya Mou dan MoA yang ditandatangani dapat dimplementasikan melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi dan dakwah islamiyah yang menjadi ciri khas UISU. “Sebagaimana dalam rangka Mewujudkan Visi dan Misi masing-masing sesama Perguruan Tinggi Islam, kita dapat bekerjasama untuk satu tujuan dan dapat memberikan kontribusi positif,” ujar Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP.

Pada kesempatan itu, Rektor UISU juga berkesempatan menyampaikan perkembangan UISU hingga saat ini. Diantaranya terkait peringkat akreditasi program studi dan institusi serta pencapaian UISU dalam berbagai program kegiatan seperti terbentukanya 8 (delapan) desa binaan yang tersebar di Kabupaten Langkat, Serdang bedagai dan Kabupaten Batubara. Selain itu juga tersedianya fasilitas beasiswa KIP Kemendikbud, UKT Kemendikbud, Beasiswa Pemrov/kabupaten kota, beasiswa tahfidz dan prestasi olahraga.

Pada prinsipnya Rektor UISU menyambut baik kedatangan pimpinan kedua perguruan tinggi dalam rangka melakukan kerjasama. Harapannya, kerjasama yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi. Selanjutnya, kegiatan pendantanganan MoU dan MoA dengan kedua perguruan tinggi itu dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama. (***)

Tagged: | | | | |

Author:



%d bloggers like this: