Medan,www.uisu.ac.id– Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sepakat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kemarin (4/9). Penandatanganan MoU dalam rangka peningkatan kualitas Perguruan Tinggi dan pelaksanaan Tri Dharma PT di kedua Universitas itu berlangsung di Ruang Kerja Rektor Unsyiah Banda Aceh dan langsung ditandatangani Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor UNSYIAH, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng.

Dalam sambutanya, Rektor UNSYIAH, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menyampaikan bahwa MoU ini merupakan jembatan dalam membangun kualitas Perguruan Tinggi dalam berbagai bidang terutama bidang pendidikan berbasis IT. “Unsyiah sekarang peringkat 8 Nasional sebagai pusat mitigasi bencana dan pusat research tsunami, yang semuanya dapat dilihat di website Unsyiah” ungkapnya.

Selanjutnya, Rektor Unsyiah juga mengatakan, dalam rangka mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia, Unsyiah akan membantu UISU dalam program studi lanjut S3 melalui Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) dan program percepatan Doktor. BPPDN merupakan beasiswa yang disediakan bagi dosen tetap yang bertugas pada perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sambutan yang sangat baik dan juga atas keinginan Unsyiah untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan pada kedua universitas.

Rektor UISU juga menjelaskan bahwa saat ini UISU memiliki 35 Prodi yang akan berusaha menjadi prodi Unggul. “Kita juga akan berusaha untuk menjadi institusi yang unggul. Saat ini UISU sudah terpilh menjadi 5 Perguruan tinggi yang termasuk dalam pembinaan AIPT Unggul,”ujar Yanhar.

Selain itu, Rektor UISU juga mengatakan bahwa September ini UISU akan melaksanakan workshop dalam upaya peningkatan kualitas audit penjaminan mutu menghadirkan beberapa narasumber dari Unsyiah yakni Dr.drh. Rinidar, M.Kes Dr.Ir. Suhendrayatna, M.Eng dan Nurlaili, S.Pd, M.Pd

Acara penandatanganan MoU itu langsung dihadiri Wakil Rektor dari kedua Universitas. Wakil Rektor bidang Akademik Unsyiah yaitu Prof. Ir. Marwan, Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Dr. Huzir Sofyan, Ketua LPPM Dr. Taufik Abidin, S.Si, M.Tech . Sedangkan dari UISU turut hadir, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirusahaan, Ahmad Bakhori, ST, MT dan Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi SS. MA. (humas)

kontributor: zakaria

redaktur: zakaria