UPT Ketenagakerjaan UISU Kirim Alumni ke PT Lifere Agro Kapuas Kalimantan

02 Nov 2021 Zakaria Siregar 138 Views


Reporter: Zakaria Siregar

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori ST. MT foto bersama dengan Kepala UPT UPT Ketenagakerjaan UISU Rosnida Nasution. SP. SPd bersama alumni yang akan berangkat ke Kalimantan, akhir pekan lalu (30/10). (biro/asrol)

 

UISU – Unit Ketenagakerjaan UISU berhasil mengirimkan alumni Fakultas Pertanian UISU untuk menjadi karyawan di PT. Lifere Agro Kapuas yang berlokasi di Kec. Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Hal itu disampaikan Kepala UPT Ketenagakerjaan UISU Rosnida Nasution. SP. SPd saat menyampaikan laporan kepada Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaa Ahmad Bakhori ST. MT, Sabtu (30/10).

Beberapa alumni Fakultas Pertanian yang berhasil diterima dan dikirimkan ke Kalimantan diantaranya Nirwansyah Sinaga dan M. Adha Rambe. Kepala UPT Ketenagakerjaan UISU berharap ke depan lebih banyak lagi alumni UISU yang mendapat kesempatan untuk bekerja disektor pemerintahan dan swasta. Hal itu, katanya, membuktikan bahwa alumni UISU memiliki kompetensi dan kemampuan untuk bersaing dan bekerja di perusahaan swasta dan pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori ST. MT mengapresiasi kinerja UPT Ketenagakerjaan yang telah berhasil menyalurkan alumni UISU untuk bekerja di perusahaan itu. “Kita berharap ke depan, mahasiswa yang telah selesai studi tidak terlalu lama dan bisa langsung bekerja,”ujarnya.

Pihaknya berharap UPT Ketenagakerjaan UISU dapat melakukan terobosan-terobosan untuk memastikan bahwa mahasiswa UISU yang telah menyelesaikan studinya dapat bekerja sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Sebab itu, katanya, dibutuhkan terobosan dan inovasi untuk membina hubungan yang strategis dengan perusahaan-perusahaan yang ada, baik di Sumatera Utara maupun di luar Sumatera.

Salah satunya, kata Ahmad Bakhori, dengan melakukan kerjasama untuk rekruitmen pegawai atau karyawan antara UPT Ketenagakerjaan UISU dengan perusahaan-perusahaan yang ada. Sehingga, katanya, UPT Ketenagakerjaan dapat tampil dan ikut berkonstribusi Ketika proses rekruitmen karyawan atau pegawai yang dibutuhkan.

Selain itu, jelasnya, mahasiswa UISU juga harus mampu meningkatkan keahlian dan kempetensinya sesuai dengan Program Studi masing-masing. Sehingga, ketika menyelesaikan studi sudah memiliki kemampaun dan mampu bersaing dengan lulusan-lulusan dari perguruan tinggi lainnya. Salah satu caranya, kata Ahmad Bakhori, dengan mengikuti Program MBKM yang sudah diimplementasikan di masing-masing prodi di lingkungan UISU.

Konsep MBKM yang kini diterapkan, jelas Bakhori, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar prodi atau kampusnya, termasuk untuk melakukan pekerjaan magang di perusahaan-perusahaan yang sejalan dengan program studi masing-masing. Pada akhirnya, konsep MBKM jika dilaksanakan secara konsisten akan memudahkan mahasiswa untuk mengenal dunia kerja dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia lapangan kerja. (***)

Tagged: | | |

Author: